Halaman 9. Hewan dan Tumbuhan Sekitar Rumahku

Setelah kamu melakukan petualangan dan menjadi detektif hewan, sekarang saatnya kamu melaporkan hasil temuan kepada guru dan teman-teman. Kamu boleh mempertanyakan hasil temuan tersebut untuk menggali informasi lebih jauh.
No.Nama HewanGambarCiri-ciri
1.Kucing
kucing
Kucing berkembang biak dengan cara melahirkan. Kucing memiliki cakar yang digunakan untuk menangkap mangsanya. Kucing memiliki taring, mata pada kucing akan menyala saat terkena cahaya pada malam hari, Kucing memiliki alat keseimbangan yang terdapat di dalam daun telinganya, sehingga jika jatuh kucing tetap dapat mendarat dengan cara berdiri. 
2.Ayam
ayam
Ayam berkembangbiak dengan cara bertelur. Ayam memiliki kaki yang panjang kaki ayam digunakan untuk berjalan dan mengais makanan yang berada dalam tanah. Ayam jantan memiliki pial (jengger) dikepalanya dan taji (jalu) di kakinya. Ayam jantan memiliki bulu yang berwarna-warni di lehernya, jika sedang bertarung bulu-bulu tersebut dikembangkan. Ayam betina mengerami telurnya di dalam sarang 
3.Bebek
bebek
Bebek merupakan hewan yang bisa berenag di air. Pada kaki bebek terdapat selaput yang berguna untuk berenang dan membantu bebek saat berjalan di lumpur agar tidak terperosok. Bulu bebek memiliki lapisan lemak yang menjaga bulu bebek tetap kering. Bebek bisa tidur dengan hanya satu kaki saja. Paruh bebek panjang dan tipis sehingga mudah mengambil makanan dalam lumpur.
4.Burung Pipit
burung pipit
Burung pipit senang hidup berkelompok. Burung pipit memiliki paruh pendek juga kuat. Bentuk paruh yang dimiliki ini sesuai untuk memakan jenis biji - bijian. Pipit bertelur 4-10 butir, putih, yang disimpan dalam sarangnya yang berupa bola-bola rumput. Sarang burung pipit biasanya di atas pohon. Burung pipit memiliki perawakan kecil, namun warna-warni bulunya cukup bervariasi.
5.Anjing
anjing
Anjing termasuk hewan mamalia, anjing berkembang biak dengan melahirkan. Anjing memiliki indera penciuman yang tajam. Anjing merupakan hewan penjaga yang sangat baik. Warna rambut anjing bisa beraneka ragam, mulai dari putih sampai hitam, juga merah, abu-abu. Anjing adalah hewan yang setia kepada majikannya.Anjing memiliki taring dan anjing suka menggonggong.
6.Angsa
angsa
Angsa berkembangbiak dengan cara bertelur. Angsa biasanya memiliki leher yang panjang dan bulu berwarna putih.  Angsa memiliki kaki yang berselaput memudahkan berjalan di lumpur dan memiliki paruh yang lebar dan panjang untuk memudahkan mencari makanan di lumpur. Ukuran tubuh angsa jantan umumnya lebih besar dan lebih berat dari angsa betina.
Powered by Blogger.