Halaman 93 - Artikel Sederhana tentang Aktivitas Manusia yang Hidup Berdekatan dengan Pegunungan

Contoh tulisan atau artikel sederhana mengenai aktivitas manusia yang hidup berdekatan dengan pegunungan.

1. Kepandaian yang dimiliki orang yang hidup berdekatan dengan pegunungan?


Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan memilikiketerampilan dalam bidang pertanian. Tersedianya lahan pertanian yang subur dan cuaca yang sangat mendukung mereka biasanya bekerja di bidang pertanian.
2. Alat transportasi yang ada di daerah pegunungan.
 

Karena daerah pegunungan biasanya jalannya menanjak maka alat transportasi yang digunakan adalah kendaraan yang mampu melewati jalan yang menanjak seperti truk. Truk banyak digunakan di daerah pegunungan selain untuk mengangkut hasil pertanian juga untuk sarana transpotasi warga.

3. Mata pencaharian penduduk.
 

Disamping dimanfaatkan sebagai areal hutan, wilayah pegunungan banyak dibudidayakan perkebunan, seperti kina, karet dan teh. Penduduk yang bermukim di daerah pegunungan sebagian ada yang bekerja di penambang pasir,pertanian, ladang dan buruh perkebunan. Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan biasanya bekerja sebagai petani dan buruh perkebunan.

4. Cara bergotong royong dan lain sebagainya.
 

Salah satu ciri warga pedesaan adalah kegiatan gotong-royong yang masih kuat. Bagi masyarakat pedesaan yang kehidupan masyarakatnya masih terasa kekerabatannya, kegiatan gotong royong masih sering dilaksanakan. Baik dalam kegiatan keluarga seperti dalam pesta perkawinan atau khitanan maupun membangun rumah. Juga dalam kegiatan kemasyarakatan seperti bersih desa, membangun pos kamling, dan membersihkan jalan serta selokan
Powered by Blogger.