Ulangan Harian Tema 5 Sub Tema 2

Tema         : 5 (Bangga sebagai Bangsa Indonesia)           Kelas       :  V (lima) Sub tema : 2 (Indonesiaku,Bangsa yang Berbudaya)     Waktu     :  60 menit
A. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar ! (KD 3.1 ) 1. Dayu dan Beni teman sekelas.Meskipun mereka berbeda agama,tetapi keduanya saling menghormati.Perilaku Dayu dan Beni sesuai dengan pengamalan Pancasila yaitu sila ke … .
        a. 4 c. 2
        b. 3 d. 1
2. Ketika kamu belajar kelompok, ada salah satu dari temanmu yang berbeda agama akan menjalankan ibadah.Sikap yang seharusnya kamu lakukan adalah … . 3. Kerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok di sekolah,merupakan salah satu bentuk pengalaman sila Pancasila yaitu sila ke … . 4. Sebutkan 3 contoh perilaku atau kegiatan yang dapat kamu lakukan di sekolah sebagai bentuk perwujudan pengamalan nilai – nilai Pancasila sila ke – 3 ! B. Selesaikan soal - soal di bawah ini dengan  benar !  B.1 (KD 3.2)
        Bacalah teks bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 5 dan 6 !
     Negara Indonesia kaya akan sumber daya alam. Terutama hasil tambang dan hasil pertanian. Hasil tambang dan hasil pertanian sebagian untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri. Sebagian diekspor. Indonesia masih mempunyai keterbatasan di bidang sumber daya manusia. Terutama untuk memproduksi barang-barang elektronik dan barang-barang otomotif. Oleh karena itu, Indonesia mengimpor barang-barang tersebut dari negara lain. Kegiatan ekspor dan impor dapat berupa barang dan jasa. Berikut ini barang dan jasa yang diekspor dan diimpor oleh Indonesia. Barang yang diekspor oleh Indonesia terdiri atas dua macam. Di antaranya barang migas dan nonmigas. Barang migas berupa minyak dan gas bumi. Adapun barang nonmigas, yaitu hasil pertanian, hasil industri, dan hasil tambang (selain minyak dan gas bumi). Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor minyak bumi. Negara Indonesia tergabung ke dalam perhimpunan negara-negara pengekspor minyak bumi atau OPEC (Organization of Petroleum Exporting Countries). Hasil industri Indonesia yang diekspor, antara lain rokok, kertas, suku cadang telkom, tekstil dan pakaian jadi, semen, pupuk, kayu lapis, kerajinan kulit, ukir-ukiran, dan anyaman rotan. Barang-barang hasil perkebunan yang diekspor, antara lain tembakau, teh, karet, kelapa sawit, kopra, lada, cokelat, kopi, cengkeh, dan pala. Barang-barang hasil hutan yang diekspor Indonesia, yaitu rotan, kayu, dan damar. Adapun hasil laut yang diekspor Indonesia, antara lain udang, ikan segar, dan ikan kaleng.
5. Berdasarkan teks bacaan di atas,hasil tambang utama berupa migas yang diekspor ke luar negeri oleh Indonesia adalah … .
        a. hasil pertanian c. minyak bumi
        b. hasil industri d. hasil laut
6. Yang menjadi alasan utama dilakukannya kegiatan impor terhadap barang – barang tertentu adalah … .
        Bacalah teks bacaan di bawah ini !
                                                          Mengenal Akar Tumbuhan
     Akar adalah bagian tumbuhan yang sering tidak terlihat karena ia berada di dalam tanah. Selain untuk menopang tumbuhan di atasnya agar berdiri tegak, akar juga berfungsi untuk mengambil air dan mineral dari dalam tanah untuk disebarkan ke seluruh bagian tumbuhan. Beberapa akar juga menyimpan makanan.
7. Topik yang dibicarakan pada bacaan di atas adalah … . 8. Jelaskan arti kata umum di bidang ekspor impor di bawah ini ! a. komoditi b.devisa c. nonmigas B.2 (KD 3.3) Bacalah teks bacaan di bawah ini untuk menjawab soal nomor 9 dan 10 !
                                                         Komoditi Andalan Indonesia
    Jakarta (ANTARA News) - Direktur Industri Makanan, Hasil Laut, dan Perikanan Direktorat Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Faiz Achmad, mengatakan bahwa komoditi kakao menjadi andalan Indonesia yang pada tahun lalu menyumbangkan devisa sebesar 1,05 miliar dolar Amerika Serikat. 
     “Kakao menjadi komoditas andalan Indonesia di samping kelapa sawit dan karet. Devisa yang disumbangkan mencapai 1,05 miliar dolar AS,” kata Faiz, saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Kakao Indonesia, di Jakarta, Rabu.
9. Berdasarkan bacaan di atas,komoditas andalan dari Indonesia yang diekspor ke luar negeri adalah … .
        a. sagu,kelapa sawit,karet         c. kakao,kelapa sawit,karet
        b. cengkeh,kelapa sawit,karet d. kopi,kelapa sawit,karet
10. Arti kata komoditas pada teks bacaan di atas adalah … . 11. Dengan kondisi perekonomian yang cukup tinggi menyebabkan pola konsumsi masyarakat bertambah.Sinonim dari kata kondisi adalah … . 12. Berilah 3 contoh kata umum di bidang ekspor dan impor ! C. Selesaikan soal – soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.1) 13. Bilangan 27 merupakan hasil penarikan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat yaitu bilangan … .
        a. 578                          c. 729
        b. 625                          d. 900
14. Sebuah kebun yang berbentuk persegi mempunyai luas 625 m2, memiliki panjang . . . m. 15. √225 .............. 23.Tanda pertidaksamaan yang tepat untuk membandingkan akar bilangan kuadrat dengan bilangan di kanannya adalah … . 16. Sepetak tanah berbentuk persegi dengan luas 1.296 m².Hitunglah berapa meter panjang salah satu sisi tanah tersebut ! D. Selesaikan  soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.2) 17. Bentuk tulang daun menjari dimiliki oleh tumbuhan … .
        a. mangga                       c. suruh
        b. jambu                       d. randu
18. Tumbuhan jagung,tebu,bambu memiliki jenis akar … . 19. Contoh tumbuhan yang bagian daunnya dapat digunakan sebagai pewarna makanan adalah … . 20. Sebutkan 3 contoh tumbuhan yang memiliki bentuk tulang daun melengkung ! E. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.5) 21. Sebagai negara agraris,Indonesia menghasilkan berbagai komoditas pertanian.Berikut ini yang termasuk dalam komoditas pertanian kecuali … .
         a. perkebunan                         c. perikanan
         b. peternakan                         d. perindustrian
22. Masyarakat nelayan umumnya tinggal di daerah … . 23. Jenis mata pencaharian penduduk sangat dipengaruhi oleh tempat dimana mereka tinggal.Masyarakat yang tinggal di daerah dataran rendah umumya banyak bekerja sebagai … . 24. Sebutkan 3 ciri dari kampung nelayan ! F. Selesaikan  soal – soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.3) 25. Berikut ini properti yang sesuai untuk digunakan pada pementasan tari bertema kepahlawanan adalah … .
        a. topeng                          c. tameng
        b. piring                          d. kipas
26.
    
Properti tari yang digunakan pada tarian di atas berupa … .
27. Prinsip dari penggunaan properti tari adalah tidak mengganggu … .

28. Sebutkan 3 contoh properti tari yang bisa digunakan pada pementasan tari bertema kepahlawanan !
Powered by Blogger.