Ulangan Harian Tema 3 Sub Tema 3

Tema           : 3 (Kerukunan dalam Bermasyarakat)       Kelas       :  V (lima) Sub tema     : 3 (Cara Menjaga Kerukunan)                   Waktu     :  60 menit
A. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar ! (KD 3.4 ) 1. Akibat yang akan terjadi jika tidak ada rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan rumah adalah … .
        a. keluarga rukun c. pekerjaan menjadi ringan
        b. terjadi pertikaian                                        d. keluarga nyaman
2. Salah satu bentuk perwujudan perilaku siswa di sekolah yang tidak mencerminkan rasa persatuan dan kesatuan di sekolah adalah … . 3. Apabila kerukunan hidup selalu bisa kita jaga,maka kehidupan masyarakat akan menjadi … . 4. Sebutkan 3 perilaku dalam keluarga yang dapat mengancam rasa persatuan dan kesatuan !
B. Selesaikan soal - soal di bawah ini dengan  benar ! (KD 3.3)
        Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 5 – 8 !
      Ekspor  adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri. Orang yang melakukan kegiatan ekspor disebut dengan eksportir. Adapun barang yang dijual dikenal sebagai barang ekspor. Melimpahnya sumber daya alam suatu negara melatarbelakangi kegiatan ekspor.
      Sebagai contoh negara Indonesia melimpah akan minyak bumi dan hasil pertanian. Selain untuk mencukupi kebutuhan di dalam negeri, sebagian juga diekspor ke luar negeri. Impor merupakan kebalikan dari ekspor. Impor adalah kegiatan membeli barang dari luar negeri. Orang yang melakukan kegiatan impor disebut sebagai importir. Adapun barang yang dibeli dari luar negeri disebut barang impor. Keterbatasan sumber daya alam dan sumber daya manusia menjadi alasan dilakukan impor. Contohnya adalah Indonesia belum bisa memproduksi barang-barang elektronik dan barang otomotif seperti mobil, sepeda motor, dan lain-lain. Oleh karena itu, Indonesia mengimpor barang-barang tersebut dari negara lain. Kegiatan ekspor dan impor dilakukan melalui pelabuhan laut. Salah satu pelabuhan di Indonesia yang menjadi tempat kegiatan ekspor dan impor adalah pelabuhan Tanjung Priok.
5. Sebutan orang yang melakukan kegiatan impor adalah … .
        a. eksportir c. importir
        b. produsen d. konsumen
6. Salah satu alasan dilakukannya kegiatan impor adalah … . 7. Barang yang dikirim ke luar negeri untuk dijual disebut barang … . 8. Sebutkan 3 contoh barang yang diimpor Indonesia dari luar negeri !
C. Selesaikan soal – soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.4) 9. Perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya disebut dengan … .
        a. skala c. legenda
        b. simbol d. mata angin
10. Jarak rumah Beni dengan sekolah pada suatu denah 3 cm.Denah tersebut digambar dengan menggunakan skala 1 : 5.000.Jarak sebenarnya rumah Beni dengan sekolah …m. 11. Dayu akan menggambar sebuah denah desa tempat tinggalnya.Ia menggambar sebuah puskesmas dan balai desa dengan skala 1 : 2.500.Jika jarak sebenarnya kedua tempat tersebut 200 m,maka jarak kedua tempat pada denah adalah … cm 12. Tinggi suatu gedung 60 meter.Tinggi gedung pada denah 50 cm.Berapa skala denah tersebut ?
D. Selesaikan  soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.4) 13. Perubahan energi listrik menjadi energi bunyi terdapat pada pemakaian alat … .
        a. kipas angin c. rice cooker
        b. lampu d. televisi
14. Pada pemakaian lampu senter terjadi perubahan bentuk energi dari energi kimia menjadi  energi … . 15. Salah satu contoh perubahan bentuk energi dari energi listrik menjadi energi cahaya adalah  … . 16. Sebutkan 3 contoh bentuk perubahan energi !
E. Selesaikan soal – soal  di bawah ini dengan  benar !(KD 3.4) 17. Melalui pendidikan seseorang dapat memperoleh pendidikan yang lebih tinggi sehingga dapat memperbaiki kehidupannya.Hal ini merupakan peran lembaga pendidikan di bidang … .
        a. sosial c. budaya
        b. ekonomi d. spiritual
18. Berbagai lembaga kursus dan keterampilan merupakan contoh lembaga pendidikan … . 19. Dengan semakin bertambahnya ilmu yang kita miliki,kita dapat terus memahami hakikat kemanusiaan dan melihat kesempurnaan Sang Pencipta.Hal ini berarti lembaga pendidikan memiliki peran di bidang … . 20. Sebutkan 3 contoh lembaga pendidikan di tingkat formal !
F. Selesaikan  soal – soal di bawah ini dengan  benar !(KD 3.2) 21. Tari Tor Tor adalah tarian tradisional Suku … .
         a. Dayak c. Batak
         b. Sunda d. Sasak
22. Untuk menambah semarak,semangat dan dinamisnya sebuah tarian,maka diperlukan  adanya … . 23. Iringan tari yang berasal dari luar penari biasanya dalam bentuk … . 24. Sebutkan 3 unsur yang terdapat dalam seni tari !
Powered by Blogger.