Keadaan Sosial Negara-negara Tetangga di Asia Tenggara

 

 

ASEAN

Latar Belakang Berdirinya ASEAN  yaitu :
  1. Memiliki sumber daya alam yang berbeda.
  2. memiliki sumber daya manusia yang berbeda.
  3. memiliki kesamaan paham politik.
  4. memiliki kesamaan posisi dan kebudayaan.

Tujuan terbentuknya ASEAN adalah :

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, sosial serta budaya di kawasan ASEAN.
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional di kawasan Asia Tenggara.
  3. Menangani masalah yang timbul demi kepentingan bersama.
  4. Memberikan bantuan dalam bidang pendidikan, teknik dan administrasi.
  5. Memelihara kerjasama dalam organisasi internasional dan regional.

ASEAN singkatan dari Association of South East Asian Nations adalah organisasi kerjasama regional di asia tenggara. ASEAN berdiri di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967. Terbentuknya ASEAN didasari oleh adanya deklarasi Bangkok yang di tanda tangani oleh 5 menteri luar negeri yaitu:

  1. Indonesia di wakili Adam Malik,
  2. Malaysia oleh Tun Abdul Razak,
  3. Thailand oleh Thanat Khoman,
  4. Filipina oleh Narciso Ramos dan
  5. Singapura oleh S Raja Ratnam.

Saat ini, anggota ASEAN berjumlah 10, yaitu:

  1.  Indonesia,
  2. Malaysia
  3. Thailand
  4. Filipina,
  5. Singapura
  6. Brunai Darussalam (Bergabung 7 Januari 1984)
  7. Vietnam (Bergabung 8 Juli 1995)
  8. Myanmar (Bergabung 23 Juli 1997)
  9. Laos (Bergabung 23 Juli 1997)
  10. Kamboja (Bergabung 16 Desember 1998)

Keadaan Sosial Negara-negara di Asia Tenggara

Brunai Darussalam

Gunung yang tertinggi ialah Gunung Pagon. Sungai Belait merupakan sungai terpanjang di negara ini.


Brunei Darussalam adalah suatu negara kesultanan dengan ibu kota Bandar Seri Begawan. Kepala negara Brunei Darussalam adalah sultan dan kepala pemerintahannya juga sultan. Sebagian besar penduduknya adalah orang Melayu. Bahasa kebangsaannya adalah Melayu dan agama resmi adalah agama Islam. Brunei Darussalam terkenal sebagai pengekspor minyak mentah, gas alam, dan produk minyak karena terkenal makmur.

Malaysia

Malaysia adalah sebuah negara kerajaan dengan ibu kota Kuala Lumpur. Kepala negara Malaysia adalah raja Sedangkan kepala pemerintahannya perdana menteri. Wilayah Malaysia terdiri dari Malaysia Barat (bagian selatan Semenanjung Malaka) dan Malaysia Timur (Serawak dan Sabah) di pulau Kalimantan bagian utara. Penduduk aslinya Melayu. Bahasa resminya Malaysia (Melayu). Agama mayoritas Islam. Mata pencaharian penduduk pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Pertambangannya menghasilkan bijih timah (terbesar di dunia),

Singapura

Singapura adalah sebuah negara republik dengan ibu kota Singapura. Kepala negara Singapura adalah presiden, kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Bahasa resmi Singapura bahasa Inggris. Dari hasil industrinya, Singapura mengekspor mesin dan alat transportasi, alat elektronik, barang-barang konsumsi, bahan kimia, produk olahan minyak. Singapura termasuk negara AsiaTenggara yang berpendapatan paling tinggi.

Thailand

Thailand dalam bahasa aslinya yaitu Mueang Thai (Thai = kebebasan). Thailand adalah negara kerajaan dengan ibu kota Bangkok. Thailand merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah negara Eropa. Kepala negara Thailand adalah raja, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Sebagian besar penduduk Thailand menganut agama Buddha. Bahasa kebangsaan Thailand adalah bahasa Thai. Mata pencaharian penduduk Thailand adalah pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri. Penghasil beras terbesar di Asia dan tiga sedunia (dijuluki Gajah Putih, negara Seribu Pagoda, Lumbung padi ASEAN)

Fillipina

Filipina adalah negara yang berbentuk republik dengan ibu kota Manila. Kepala negara Filipina adalah presiden dan kepala pemerintahannya juga presiden. Salah satu bahasa aslinya adalah bahasa Tagalog yang ditetapkan sebagai bahasa kebangsaan. Sebagian besar penduduk Filipina menganut agama Katolik. Agama Islam dianut oleh sebagian penduduk Filipina di bagian selatan. Penduduk aslinya adalahMata pencaharian penduduk Filipina adalah pertanian, pertambangan, dan industri. Komoditi ekspor Filipina terdiri atas gula, kopra, kayu, nanas, bijih tembaga.



Di Filipina terdapat Institut Penelitian Padi Internasional (bahasa Inggris: International Rice Research Institute) disingkat IRRI adalah sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang berpusat di Los Baños, Laguna, Filipina.


Vietnam

Vietnam adalah negara berbentuk republik sosialis. Kepala negaranya adalah presiden dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Ibu kota negara Vietnam adalah Hanoi. Penduduk Vietnam menganut agama Buddha, Konghucu, dan Taoisme. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Vietnam. Perekonomian sebagian besar penduduk Vietnam adalah pertanian. Padi merupakan hasil utama pertanian di Vietnam. Industri di Vietnam meliputi tekstil, semen, pupuk, kaca, dan ban. Pertambangan di Vietnam menghasilkan emas, bijih besi, timah, gamping, fosfat, tungsten (wolfram), dan seng. Hasil hutannya adalah bambu, kina, kayu, dan kayu manis. Terdapat dua sungai penting yaitu Mekong dan S. Songka. Vietnam dan Thailand bahkan sempat dijuluki gudang beras Asia Tenggara.

Kamboja

Bentuk pemerintahan negara Kamboja adalah kerajaan. Dipimpin oleh raja, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Ibu kota Phnom Penh. Bahasa resmi penduduk Kamboja adalah bahasa Khmer. Sebagian besar penghidupan penduduknya di sektor pertanian.

Myanmar

Myanmar merupakan negara republik dengan kepala negara seorang presiden, sedangkan kepala pemerintahan seorang perdana menteri. Bahasa resmi penduduk Myanmar adalah bahasa Myanmar.

Laos

Merupakan negara yang berbentuk republik dengan kepala negara presiden dan kepala pemerintahan perdana menteri. Laos termasuk salah satu negara termiskin di dunia. Rakyatnya hidup di sektor pertanian yang menghasilkan beras, jagung, tembakau, jeruk, dan kopi. Bahasa resmi yang digunakan adalah bahasa Lao. Sebagian besar penduduk Laos beragama Buddha.


Timor Leste


Timor Leste atau Timor Lorosae merupakan negara republik yang belum lama merdeka. Negara ini melepaskan diri dari Republik Indonesia, sebagai provinsi ke-27 pada tahun 1999. Presiden pertamanya Xanana Gusmao. Penduduk Timor Leste sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Bahasa yang digunakan adalahbahasa Indonesia dan Portugal. Sebagian besar penduduk Timor Leste beragama Katolik.
 
Powered by Blogger.