Dinamo Lampu Sepeda (Hal. 103)

Dinamo 





Dinamo ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831.
Michael Faraday adalah seorang penemu berkebangsaan Inggris, lahir pada 22 September 1791 dan meninggal pada 25 Agustus 1867.
Gambar dinamo Michael Faraday


 
Dinamo Sepeda

Dinamo mengubah energi gerak pada sepeda di ubah menjadi energi listrik. Dinamo sepeda merupakan generator kecil yang berfungsi menghasilkan arus listrik yang kecil untuk menyalakan lampu sepeda. Terangnnya lampu di tentukan oleh cepatnya roda berputar yang mengakibatkan di namo juga cepat dan arus listrik juga akan besar pula. Dengan adanya dinamo pada sepeda dapat memudahkan kita bila menggunakan sepeda bila malam hari. 

 

Apa fungsi magnet pada dinamo lampu sepeda?


Dinamo sepeda intinya adalah sebuah magnet yang dapat berputar dan sebuah kumparan tetap. Bila roda sepeda di putar dan pada dinamo akan memutar sehingga roda akan memutar magnet biasanya dinamo dapat menghasilakan tegangan 6 sampai 12 Volt.

Magnet sebagai sumber arus listrik pada kumparan, yaitu pada saat magnet bergerak mendekati dan menjauhi kumparan, pada ujung-ujung kumparan timbul beda potensial yang menyebabkan timbulnya arus listrik pada kumparan. Beda potensial yang ditimbulkan disebut GGL induksi (gaya gerak listrik). 


 
Bagaimana cara kerja magnet untuk menyalakan lampu sepeda?
  • Bagian atas dinamo (bagian yang dapat berputar) dihubungkan ke roda sepeda. Pada proses itulah terjadi perubalian energi gerak menjadi energi listrik. Generator (dinamo) merupakan alat yang prinsip kerjanya berdasarkan induksi elektromagnetik. 
  • Pada generator perubahan garis gaya magnet diperoleh dengan cara memutar kumparan di dalam medan magnet permanen. Karena dihubungkan dengan cincin geser, perputaran kumparan menimbulkan GGL induksi. 
  • Bagian utama dinamo sepeda adalah sebuah magnet tetap dan kumparan yang disisipi besi lunak. Jika magnet tetap diputar, perputaran tersebut menimbulkan GGL induksi pada kumparan. 
  • Jika sebuah lampu pijar (lampu sepeda) dipasang pada kabel yang menghubungkan kedua ujung kumparan. lampu tersebut akan dilalui arus induksi. Akibatnya, lampu tersebut menyala. Nyala lampu akan makin terang jika perputaran magnet tetap makin cepat (laju sepeda makin kencang). 
Powered by Blogger.