Manfaat Peta

Penggunaan peta tergantung pada jenis dan pembaca peta. Peta topografi yang skalanya kecil dapat memberikan gambaran secara luas tentang muka bumi yang digambarkan dalam peta. Sementara itu, peta tematik atau khusus digunakan untuk menyajikan tema tertentu. Misalnya peta persebaran penduduk, peta iklim, dan peta persebaran flora.

Secara umum, peta dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal seperti di bawah ini.

  • Penunjuk Arah, Letak, Luas, Jarak, dan Bentuk Permukaan Bumi. Informasi arah dapat diperoleh dengan menggunakan komponen penunjuk arah.Dengan menggunakan skala, dapat mengetahui jarak antar dua tempat dan menghitung luas suatu wilayah.
  • Alat Informasi. Peta mengandung banyak informasi. Informasi itu ditampilkan dalam bentuk simbol-simbol. Berbagai macam informasi dapat kamu baca berdasarkan simbol-simbol dan keterangannya pada peta.
  • Alat Pembelajaran. Kita dapat belajar mengenai wilayah-wilayah yang ada di permukaan Bumi dengan menggunakan peta. Peta merupakan salah satu alat pembelajaran. Peta digunakan dalam beberapa mata pelajaran, seperti geografi dan sejarah.
Sumber: damaruta.blogspot.com dari sooal.blogspot.com
Powered by Blogger.