Ayat Al-Qur'an tentang Etos Kerja

A. AL-QUR’AN SURAH AL-MUJADILLAH, 58: 11, 
TENTANG KEUNGGULAN ORANG YANG BERIMAN DAN BERILMU



ARTINYA :

“Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu: ‘Berlapang-lapanglah dalam majelis’, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan member kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: ‘Berdirilah kamu’, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Mujadillah, 58: 11)

ISI KANDUNGAN SURAH AL-MUJADILAH 58:11

   a. Suruhan untuk memberikan kelapangan kepada orang lain dalam majelis ilmu, majelis zikir, dan segala majelis yang sifatnya mentaati Allah SWT dan rasul-Nya.
   b. Apabila disuruh bangun untuk melakukan hal-hal yang baik dan diridai Allah, maka penuhilah suruhan tersebut dengan segera dan dengan cara yang sebaik-baiknya.
   c. Allah SWT mengangkat orang-orang yang beriman atas orang-orang yang tidak beriman beberapa derajat tingginya, dan Allah SWT mengangkat orang beriman dan berilmu pengetahuan atas orang-orang beriman tetapi tidak berilmu pengetahuan beberapa derajatnya.

PENJELASAN

    a. Ayat Al-Qur’an Surah Al-Mujadillah ayat 11 isinya antara lain berkaitan dengan adab atau tata krama yang harus ditetapkan dalam majelis-majelis yang baik dan di ridai Allah SWT.
    b. Adab yang dimaksud adalah memberikan kelapangan kepada orang-orang yang akan mengunjungi dan berada dalam majelis-majelis tersebut dengan cara tertentu.
    c. Mukmin/Mukminah apabila diperintah oleh Allah SWT dan rasul-Nya untuk bangun melaksanakan hal-hal yang baik diridai-Nya.
   d. Ilmu pengetahuan mempunyai banyak keutamaan.


B. SURAH AL-JUMU’AH, 62: 9-10, TENTANG DORONGAN AGAR RAJIN BERIBADAH DAN GIAT BEKERJA



ARTINYA :

(Ayat 9) “Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.”
(Ayat 10) “Apabila telah menunaikan salat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (Q.S. Al-Jumu’ah, 62: 9-10)

ISI KANDUNGAN SURAH Al-JUMU'AH, 62: 9-10

  • Seruan Allah SWT terhadap orang-orang beriman atau umat Islam yang telah memenuhi syarat-syarat sebagai mukalaf untuk melaksanakan salat Jum’at. Agar dapat melaksanakan salat Jum’at umat Islam diwajibkan untuk meninggalkan semua pekerjaannya.
  • Umat Islam yang telah selesai menunaikan salat diperintah Allah SWT untuk berusaha atau bekerja agar memperoleh karunia-Nya.
Powered by Blogger.