Pesawat Sederhana

Pengertian

Pesawat sederhana adalah alat-alat yang dapat memudahkan pekerjaan manusia.

Jenis-jenis Pesawat Sederhana

1. Tuas/Pengungkit

Tuas adalah pesawat sederhana yang berupa papan/batang kayu atau besi atau benda lain yang digunakan untuk mengungkit benda yang berat atau berukuran besar. Contoh peralatan yang menggunakan prinsip kerja pengungkit adalah gunting, pembuka kaleng, sapu dan palu.

Pengelompokan tuas:
  • Tuas jenis pertama yaitu tuas sederhana, artinya titik tumpu di antara titik beban dan titik kuasa. Contoh, timbangan dan jungkit-jungkit
 
  • Tuas jenis kedua yaitu tuas perenjang, artinya titik beban diantara titik tumpu dan titik kuasa. Contohnya: gerobak dorong, pembuka tutup kaleng, alat pemotong kertas, pemecah biji kemiri.
 
  • Tuas jenis ketiga yaitu tuas jepit, artinya titik kuasa di antara titik tumpu dan titik beban, contohnya: pinset, penjepit kertas, mobil derek, stapler (jengklok), mesin pengeruk sungai.

2. Bidang Miring

Bidang miring adalah pesawat sederhana yang berupa permukaan datar yang dimiringkan atau letak permukaannya yang miring. Bidang miring berguna untuk membantu memindahkan benda-benda yang terlalu berat dari bawah ke atas atau sebaliknya.

Keuntungan bidang miring, kita dapat memindahkan benda yang lebih tinggi dengan gaya yang lebih kecil. Kerugiannya yaitu jarak tempuhnya lebih jauh.

Contoh alat yang menggunakan prinsip bidang miring yaitu, baji, pisau, linggis, paku ulir, obeng dan sekop. Sedangkan contoh pesawat bidang miring yaitu pasak, tangga dan pengencang sekrup.

3. Katrol

Katrol adalah sebuah roda kecil yang tepinya beraturan dan dapat berputar pada porosnya yang digunakan untuk mengangkat atau menarik benda. Dasar kerja katrol sama dengan pengungkit. Contoh timba, sumur dan derek.



Macam-macam Katrol
Katrol terdiri atas:
  • katrol tetap,  katrol yang tidak berubah posisinya
  • katrol bergerak atau katrol bebas, 
  • katrol rangkap, 
  • katrol ganda atau takal. 
4. Roda berporos

Roda dibuat dengan diberi poros. Saat bergerak, roda berputar pada porosnya. Roda memungkinkan manusia untuk bergerak lebih cepat dan mudah. Contoh kursi roda dan roda mobil.

Sumber: damaruta.blogspot.com dari sooal.blogspot.com
Powered by Blogger.