Keberagaman Budaya Bangsaku

Keberagaman Budaya Bangsa Indonesia

Tahukah kamu bahwa Indonesia terdiri atas banyak pulau, suku bangsa, tarian, rumah adat, serta agama. Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keberagaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita wajib mensyukurinya. Kita tidak boleh merendahkan suku bangsa lain dan menganggap suku bangsa sendiri sebagai suku bangsa yang terbaik.

Berikut ini uraian tentang kekayaan budaya Indonesia antara lain tentang pakaian adat, rumah adat dan tarian adat.

Pakaian Adat

Pakaian adat yaitu pakaian yang memiliki identitas-identitas tertentu yang mewakili dan diakui sebagai ciri khas suatu daerah tertentu. Ciri-ciri khas yang dimiliki dan diakui sebagai milik daerah itu bisa berupa motif, gambar, bahan, warna atau model tertentu.

Pakaian adat tradisional Indonesia merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh negara Indonesia dan banyak dipuji oleh negara-negara lain. Dengan banyaknya suku-suku dan provinsi yang ada di wilayah negara Indonesia, maka otomatis pula banyak sekali macam-macam baju adat yang dipakai oleh masing-masing suku di seluruh provinsi Indonesia.Karena dari banyaknya suku-suku yang ada di Indonesia memiliki ciri-ciri khusus dalam pembuatan ataupun dalam mengenakan Pakaian Adat tersebut. Pakaian adat atau yang biasa disebut pakaian tradisional dari masing-masing daerah memiliki makna tersendiri di masing-masing daerah.

Pakaian adat biasa dipakai dalam upacara-upacara adat, misalnya upacara pernikahan yang diadakan di daerah tersebut.

Rumah Adat

Rumah adat adalah ruang atau tempat diadakannya upacara adat atau musyawarah adat. Rumah adat juga merupakan salah satu ciri khas kebudayaan yang bernilai tinggi dalam sebuah komunitas suku/masyarakat. Dan juga keberadaan rumah adat di Indonesia sangatlah beragam serta mempunyai arti yang penting dari sejarah, warisan, dan kemajuan masyarakat pada sebuah peradaban. 

Ciri khas rumah adat masing-masing daerah terlihat menonjol dilihat dari seni arsitektur, hasil seni pahat dan ukir, serta hasil seni kerajinan. Arsitektur rumah adat terdapat dalam berbagai variasi melalui bentuk dan ornament dengan motif yang dimiliki daerah tertentu. Keragaman tersebut disesuaikan dengan fungsi, keadaan geografis, dan perbedaan kehidupan penduduk.Contohnya, adalah rumah Lamin di Kalimantan Timur, rumah Panjang di Kalimantan Barat dan rumah Banjar di Kalimantan Selatan. Semua rumah adat yang berada di Kalimantan berbentuk rumah panggung.Bentuk tersebut sengaja dibuat demikian karena pada umumnya orang Kalimantan hidup tersebar secara berkelompok di daerah sekitar hutan. Oleh karena itu, bentuk rumah panggung adalah bentuk rumah yang tepat untuk menghindari serangan binatang buas.

Tarian Adat

Dalam bidang seni rupa yang menonjol adalah arsitektur rumah adat yang merupakan perpaduan dari hasil seni pahat dan seni ukir serta hasil seni kerajinan. Arsitektur rumah adat terdapat dalam berbagai bentuk ornamen.Pada umumnya bentuk bangunan rumah adat pada kelompo

Copy and WIN : http://bit.ly/copy_win
Powered by Blogger.