Jenis-jenis Usaha Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya (hal. 87)

Kegiatan Ekonomi
Manusia dalam kehidupannya senantiasa menginginkan kesejahteraan. Manusia menginginkan agar seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tersebut, manusia melakukan suatu kegiatan dalam bentuk usaha. Kegiatan manusia yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya disebut kegiatan ekonomi.
 
Secara umum, kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia dapat digolongkan atas tiga jenis.
-    Menghasilkan atau memproduksi berbagai jenis barang dan jasa
-    Mendistribusikan barang dan jasa
-    Mengkonsumsi barang-barang dan jasa
 
Jenis Kegiatan Usaha Ekonomi di Masyarakat 
Kegiatan usaha manusia yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, yang dilakukan oleh masyarakat sangat beragam jenisnya atas bidang pertanian, perdagangan, jasa dan industri.
 
Jenis-jenis Pengelolaan Usaha
Usaha ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia pada dasarnya dilakukan oleh perorangan dan kelompok. Misalnya kegiatan bidang pertanian seperti perkebunan ada yang dilakukan secara perorangan dan ada yang dilakukan secara berkelompok.

Usaha perorangan
Usaha yang dilakukan secara perorangan adalah usaha yang didirikan dengan modal sendiri. Jenis usaha yang dilakukan secara perorangan misalnya, usaha tukang jahit, usaha tukang cukur, usaha katering, usaha perkebunan sayur atau usaha pertanian sawah. 

Contoh usaha manusia secara perorangan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya :

1. Bertani
Orang yang bekerja menanam padi disebut petani. Biasanya bentuk usaha ini sering dilakukan di negara-negara yang beriklim tropis. Contohnya Indonesia, Vietnam, dan Thailand. Negara yang sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani disebut negara agraris.
Akan tetapi, kini Indonesia jarang menanam padi atas usaha sendiri melainkan lebih memilih untuk mengekspor dari luar negeri. Padahal Indonesia memiliki banyak lahan berpotensi yang dapat diolah. Kebanyakan dari lahan tersebut sudah dijadikan lahan pemukiman atau pabrik. Oleh karena itu, marilah kita jadikan generasi muda masa depan sebagai generasi yang mencintai produk dalam negeri dan mampu mengolah kelebihan negerinya sendiri.

 
2. BerdagangBerdagang adalah bentuk usaha yang bersifat simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. Karena seorang pedagang akan memperoleh keuntungan dari barang yang dijualnya, sedangkan pembeli mendapat keuntungan karena dapat mendapatkan barang yang dibutuhkannya. 
Berdagang ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Berdagang merupakan salah satu usaha yang paling sering dilakukan oleh manusia. Dan manusia juga sudah melakukannya sejak zaman dahulu kala. Misalnya, dahulu manusia berdagang dengan bangsa Gujarat, Cina, dan Arab dengan sistem barter. Kemudian berdagang menggunakan uang sebagai bahan pembayaran. Sekarang, dengan majunya pengetahuan dan teknologi internet berdagang dapat dilakukan secara online.
Berdagang ini bisa dilakukan perseorangan ataupun berkelompok. Pada awalnya seseorang harus mau mengeluarkan modal dahulu kemudian ia akan berusaha menjual barang dagangannya dengan harga yang lebih besar dibandingkan uang yang dikeluarkannya, sehingga si penanam modal dapat meraup keuntungan.


3. Nelayan
Orang yang bekerja mencari ikan di laut disebut nelayan. Indonesia yang kaya akan laut maupun hasil lautnya memiliki banyak warga yang bermatapencaharian sebagai nelayan. Akan tetapi, seringkali nelayan-nelayang tersebut menangkap ikan dengan pukat harimau atau bahan peledak. Penggunaan pukat harimau seharusnya dicegah karena dapat ikut menangkap benih-benih ikan yang masih kecil.  


4. Guru
Orang yang bekerja untuk mendidik dan mengajarkan ilmu pengetahuan kepada orang lain disebut guru. Jadi seseorang yang disebut guru tidak selalu ada di sekolah, tetapi siapapun yang mengajarkanmu ilmu pengetahuan bisa disebut guru, contohnya orang tua, kakak, bahkan temanmu sendiri bisa kau anggap gurumu. Seorang guru juga tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan tetapi ia juga mengajarkan moral dan kehidupan. Guru mendidik kita untuk menjadi seorang manusia yang cerdas sekaligus memiliki budi pekerti luhur serta menjadi seseorang yang memanfaatkan hidupnya dengan baik.

5. Dokter
Orang yang bekerja untuk menyembuhkan atau mengobati penyakit seseorang bisa kita sebut sebagai dokter.  Seorang dokter adalah seseorang yang bekerja menyembuhkan orang secara logis, bukan seperti dukun. Semua hal yang dokter lakukan pasti berdasarkan pemikiran dan hitungan serta berdasarkan bukti ilmiah. Tetapi satu hal yang pasti jika kamu berpikir yang menyembuhkan kamu adalah dokter maka kamu salah besar. Sebenarnya yang menyembuhkan kamu tentu saja Tuhan, dokter hanya membantu prosesnya saja. Tapi yang jelas dokter adalah salah satu bentuk usaha yang mulia dan penting dalam kehidupan manusia.



6. Pengrajin.
Bentuk usaha ini menurut saya adalah bentuk usaha yang paling kreatif dan unik. Karena seorang pengrajin pasti akan menjual barang-barang yang bentuk atau tampilannya kreatif, unik dan menarik. Selain itu, seorang pengrajin juga pastinya memiliki ide kreatif yang cemerlang untuk membuat sebuah benda.
Kini banyak pengrajin yang memanfaatkan barang-barang bekas. Hal ini sangat bermanfaat untuk memanfaatkan dan mendaur ulang sampah-sampah yang ada di bumi ini atau di negara tercinta kita ini yang sekarang sudah sering kita lihat sesering kita melihat jalan, batuan kerikil, ataupun tanah. Memanfaatkan barang-barang bekas juga bisa mengubah pikiran kita yang biasanya mengatakan bahwa sampah yang sudah dibuang tidak akan berguna lagi. Sekarang mari kita buang jauh-jauh pikiran itu dan ciptakan kreasi barang bekasmu sendiri untuk membuat bumi kita menjadi tempat yang lebih baik.
 

Usaha secara kelompok

Usaha yang dilakukan secara kelompok adalah usaha yang dimiliki oleh dua orang atau lebih. Modal usaha yang dijalankan secara kelompok umumnya berasal dari hasil patungan pemilik usaha. Jenis usaha yang dilakukan secara kelompok umumnya sudah menjadi badan usaha seperti firma, CV atau Perseruan Terbatas. 

Apakah itu Profesi dan Profesional?

Profesi merupakan suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian atau keterampilan dari pelakunya (bidangnya). Contoh : Profesi Guru.
Profesional adalah orang yang menyandang suatu jabatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan keahlian atau keterampilan yang tinggi. Hal ini juga pengaruh terhadap penampilan atau performance seseorang dalam melakukan pekerjaan di profesinya (cara orang bekerja, unjuk kerja, jabatan).
Contoh : Guru disiplin bisa disebut juga guru yang profesional dengan pekerjaanya.

(Sumber: damaruta.blogspot.com dari new teaching resource dan berbagai sumber)
Powered by Blogger.