Halaman 18 - Denah Rumah Dita

Halaman 18




1. Jelaskan letak rumah Dita dari rumah sakit.
Dari depan Rumah Sakit, kearah barat kurang lebih 10 meter melalui Jalan Pahlawan. Setelah melewati kolam renang, ada perempatan. Ambil arah selatan melalui Jalan Baar. Rumah Dita terletak di sebelah selatan TK, 10 meter dari perempatan. 



2. Suatu hari Dita akan bersepeda ke rumah Nisa. Tuliskan dua petunjuk jalan yang dapat dilalui Dita. Hitunglah jarak yang ditempuh Dita untuk masing-masing jalan tersebut. Jalan mana yang jaraknya lebih dekat?

a. Dari rumah Dita ke arah utara melalui Jalan Baar sejauh 10 meter. Setelah
sampai perempatan, lurus ke arah utara sejauh 25 meter melalui jalan Jalan Metonia. Sampai di pertigaan, belok kanan ke arah timur dan melalui Jalan Pemuda sejauh 20 meter. Sampailah di rumah Nisa yang terletak di selatan jalan Pemuda. (Jarak Total = 10m + 25m + 20m = 55 m)


b. Dari rumah Dita ke arah utara melalui Jalan Baar sejauh 10 meter. Setelah sampai perempatan, belok kanan ke arah timur dan melalui Jalan Pahlawan sejauh 50 meter. Sampai di perempatan, belok ke kiri ke arah utara, melalui Jalan Bahagia. Setelah menempuh jarak 20 meter akan bertemu perempatan. Sampai di perempatan, belok ke kiri dan melalui Jalan Pemuda sejauh 20 meter. Sampailah di rumah Nisa yang terletak di selatan jalan Pemuda. (Jarak Total = 10m + 50m + 20m + 20m = 100 m)


Jarak yang paling dekat yaitu petunjuk a.


3. Suatu hari Dita, Nisa, dan Tono akan latihan menari di Balai Desa. Mereka berangkat dari rumah masing-masing. Tuliskan jalan yang ditempuh Dita, Nisa, dan Tono agar mereka lebih cepat sampai di Balai Desa!


Dita: 
- 10 meter ke arah utara melalui Jalan Baar, 
- 50 meter melalui ke arah barat melalui Jalan Pahlawan 
- belok kiri ke arah utara, dan melalui Jalan Bahagia sejauh 10 meter.

Nisa : 
-  30 meter ke arah timur melalui Jalan Pemuda.
-  belok kanan ke arah selatan, dan melalui Jalan Bahagia sejauh 10 meter.
Tono : 
- Lurus ke arah selatan melalui Jalan Bahagia sejauh 20 meter.

4. Tepat di sebelah barat rumah sakit terdapat kolam renang. Jika Nisa ingin ke kolam renang tersebut, jalan manakah yang harus ditempuh? (Berikan dua alternatif jalan yang dilalui Nisa. Hitunglah juga panjang jalan yang dilalui Nisa).

a. Dari rumah Nisa, ke arah barat melalui Jalan Pemuda sejauh 20 meter. Setelah sampai di perempatan belok kiri ke arah selatan, dan melalui Jalan Metonia sejauh 25 meter. Sampai di perempatan. Di sisi tenggara perempatan terdapat kolam kenang, tepat di sebelah barat rumah sakit.(panjang jalan a = 20m + 25m = 45 m)

b.Dari rumah Nisa, ke arah timur melalui Jalan Pemuda sejauh 30 meter. Setelah sampai di perempatan belok kanan ke arah selatan, dan melalui Jalan Bahagia sejauh 20 meter. Sampai di perempatan, belok kanan lagi melalui Jalan Pahlawan sejauh 40 meter. Sampailah di kolam renang, yang terletak tepat di sebelah barat rumah sakit. (panjang jalan b = 30m + 20m + 40 m = 90m)

Powered by Blogger.