Bentuk Ketergantungan Masyarakat Kota dan Desa

Masyarakat kota dan masyarakat desa saling membutuhkan dan saling ketergantungan. Berikut ini beberapa contoh saling ketergantungan antara masyarakat kota dan desa.

Ketergantungan Masyarakat Kota pada Masyarakat Desa
  1. Masyarakat kota tergantung pada desa dalam memenuhi kebutuhan akan bahan-bahan pangan seperti beras, sayur-mayur, daging, dan ikan.
  2. Masyarakat kota membutuhkan desa dalam mencari tenaga kerja untuk membantu dalam kegiatan ekonomi, maupun kegiatan rumah tangga.
  3. Masyarakat kota membutuhkan masyarakat desa dalam penyediaan bahan baku bangunan seperti kayu, batu-bata, pasir dan bambu. 
  4. Masyarakat kota membutuhkan masyarakat desa dalam kebutuhan akan kesenian daerah/rakyat dan pemasok barang-barang seni misal kerajinan tangan, batik, souvenir dan lain-lain.

Ketergantungan Masyarakat Desa pada Masyarakat Kota
  1. Masyarakat desa membutuhkan seperti bahan-bahan pakaian, alat dan obat-obatan pembasmi hama pertanian yang banyak disediakan di pertokoan masyarakat kota.
  2. Orang desa membutuhkan masyarakat kota sebagai konsumen, untuk meningkatkan pemasaran hasil bumi dan produksi pertanian, peternakan dan lain-lain.
  3. Masyarakat pedesaan membutuhkan banyak tenaga ahli yang banyak tinggal di kota, untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dalam peningkatan dan pengelolaan hasil pertanian.
  4. Orang desa membutuhkan masyarakat perkotaan dalam rangka mendapatkan pengetahuan maupun barang berteknologi modern misal alat produksi pertanian (traktor), alat komunikasi, informasi dan media elektronik.
  5.  
Powered by Blogger.