Halaman 61 - Bagian Akar

Gambar Akar dan Nama Tanaman
Hasil Pengamatan ttg bagian2 akar
Tanaman kacang
Bentuk akar tunggang, Jumlah cabangnya 6, bentuk cabangnya lurus agak bengkok, ukurannya 12 CM
Rumput mutiara
Akar tanaman herba ini merupakan akar tunggang dengan garis tengah rata-rata 1 mm dengan akar cabang berbentuk benang
Rumput teki
Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa rumput teki (Cyperus rotundus L.) mempunyai tipe perakaran serabut, yaitu jika akar lembaga dalam perkembangan mati atau kemudian di susul oleh sejumlah akar yang kurang lebih sama besar yang keluar dari pangkal batang. Bagian-bagian akar rumput teki terdiri dari leher akar, cabang akar, serabut akar, rambut-rambut akar dan ujung akar. Bentuk akar serabut ini seperti benang dan tidak mengalami modifikasi.
Pohon cabe
Dari hasil pengamatan diketahui bahwa cabe (Capsicum sp.) mempunyai sistem perakaran tunggang. Bentuk akarnya adalah akar tunggang yang bercabang (ramosus). Batang akarnya berbentuk kerucut panjang, tumbuh terus ke bawah, bercabang dan cabangnya bercabang-cabang lagi. Bagian-bagian akar yaitu leher akar, batang akar, cabang akar, serabut akar, dan rambut-rambut akar dan tudung akar. Akar tanaman ini tidak mengalami modifikasi.
Pohon terong
Dari hasil pengamatan diketahui bahwa tanaman terong (Solanum sp) mempunyai sistem perakaran tunggang yang bercabang. Bagian-bagian akarnya antara lain leher akar, batang akar, cabang akar, serabut akar, dan rambut-rambut akar.  Akar pada tanaman ini tidak mengalami modifikasi.
Wortel
Dari hasil pengamatan diketahui bahwa wortel (Daucus carota L.) mempunyai sistem perakaran tunggang yang tidak bercabang. Bentuk modifikasi akarnya seperti tombak (fusiformis). Pangkalnya besar meruncing ke arah ujung dengan serabut-serabut akar tumbuh tersebar di bagian batang akar.
Bengkoang
Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa tanaman bengkuwang (Pachyrrhizus erosus Urb) mempunyai sistem  perakaran tunggang yang tidak atau sedikit bercabang. Modifikasi akarnya berbentuk seperti gasing (napiformis). Pangkal akarnya besar membulat.
Singkong
Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa singkong (Manihot utillisima Burm. F.) mempunyai tipe perakaran tunggang. Bentuk akar ini separti tombak. Modifikasi akar pada singkong berupa ubi akar (tuber rhizogenum). Ubi ini berbentuk bulat atau tidak beraturan dan merupakan tempat penimbunan cadangan makanan. Adapun bagian-bagian dari akar yang terdapat pada singkong adalah leher akar, batang akar, cabang-cabang akar dan tudung akar.
Laos
Dari hasil pengamatan diketahui bahwa tanaman laos (Alpinia galanga) mempunyai sistem perakaran serabut. Bentuk akarnya seperti benang. Akar tanaman ini tidak mengalami modifikasi, rimpang yang nampak pada laos dan tumbuh di dalam tanah adalah modifikasi dari batang, bukan dari akar. Bagian-bagian dari akar serabut yang terdapat pada akar laos diantaranya adalah leher akar, batang akar, cabang dan rambut-rambut akar.
Anggrek
Dari hasil pengamatan dapat diketahui bahwa tanaman anggrek kalajengking (Arachis flos-aeris) mempunyai sistem serabut. Bentuknya seperti benang yang besar. Modifikasi akar ini berupa akar napas (pneumatophora). Akar ini keluar, menggantung di udara dan tumbuh ke arah tanah, gunanya untuk menyerap air dan zat gas dari udara. Sering kali mempunyai jaringan khusus untuk menimbun air atau udara yang di sebut velamen. Tetapi setelah mencapai tanah bagian yang masuk tanah lalu berkelakuan seperti akar biasa yang menyerap air dan makanan dari tanah. Bagian-bagian yang terdapat pada akar ini sesuai dengan pengamatan adalah leher akar, batang akar, cabang akar, dan ujung akar.
Padi
Dari hasil pengamatan diketahui bahwa padi (Oryza sativa L.) memiliki sistem perakaran serabut. Bentuk akar ini seperti benang. Ukuran serabut-serabut akar ini hampir sama satu sama lain.  Akar pada tanaman ini tidak mengalami modifikasi. Bagian-bagian pada akar antara lain leher akar, batang akar, cabang akar, serabut akar dan rambut-rambut akar.
Akar Benalu
Dari hasil pengamatan diketahui bahwa tumbuhan benalu (Lorantus sp.) mempunyai sistem perakaran tunggang yang berupa haustorium, yaitu akar yang sangat keras dan kaku yang dapat menembus kulit batang inang sampai ke bagian kayu untuk menyerap air dan zat makanan dari inangnya tersebut.
Sirih
Dari hasil pengamatan diketahui bahwa tanaman sirih (Piper betle L.) memiliki sistem perakaran serabut berbentuk benang. Bagian-bagian akar antara lain leher akar, batang akar, cabang akar, dan serabut akar. Modifikasinya berupa akar pelekat (radix adligans) yang tumbuh di buku-buku batang dan berfungsi untuk melekat pada penunjang.
Powered by Blogger.