Halaman 39 - APEC

APEC

  • Apa kepanjangan dari APEC? APEC adalah singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation atau Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik
  • Apa yang dimaksud dengan APEC? Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) merupakan upaya kerjasama dari 21 negara dengan tujuan meningkatkan perdagangan bebas di kawasan Asia-Pasifik.
  • Apa tujuan APEC? a. Menciptakan sistem perdagangan dan investasi yang bebas, terbuka dan adil dikawasan tahun 2010/2020 untuk ekonomi maju dan ekonomi berkembang.. b. Memimpin dalam memperkuat sistem perdagangan multirateral yang terbuka, meningkatkan liberalisasi perdagangan dan jasa, mengintensifkan kerjasama ekonomi di Asia-Pasifik..c. Mempercepat proses leberalisasi melalui penurunan hambatan perdagangan dan investasi yang lebih jauh, meningkatkan arus barang, jasa, modal secara bebas dan konsisten dengan GATT.
  • Apa manfaat APEC bagi para anggotanya? Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) memberi manfaat bagi negara ekonomi berkembang yang menjadi anggota kerja sama kawasan ini, termasuk Indonesia. Sejak dibentuk pada 1989, APEC meningkatkan ekspor Indonesia hampir 10 kali lipat dalam 22 tahun terakhir (1989-2011).
  • Apakah Indonesia bagian dari anggota APEC? Ya Keanggotaan APEC terdiri 21 ekonomi. Australia, Brunai Darussalam, Kanada,Cili, Republik Rakyat Cina, Hongkong-Cina, Indonesia, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua New Guinea, Filipina, Singapura, Taiwan-Cina Taipe, Thailand, Amerika Serikat, Peru, Rusia, Vietnam.
Powered by Blogger.