Bagaimana cara merawat organ tubuh supaya selalu sehat?

Apa saja organ tubuh manusia itu?


Beberapa macam organ akan terangkai membentuk suatu sistem organ. Organ tubuh manusia makhluk hidup tidak bekerja sendiri-sendiri. Akan tetapi, saling bergantung dan saling melakukan dengan organ lainnya. Sekelompok organ tubuh yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu disebut sistem organ.

No
Sistem
Organ Tubuh Penyusun
Fungsi
1.
Pencernaan
mulut, lambung, usus halus, dan usus besar, anus
mencerna makanan
agar dapat diserap usus halus
2.
Pernapasan
hidung, tenggorokan,dan paru-paru
memasukkan oksigen ke tubuh serta mengeluarkan karbondioksida
dan uap air
3.
Peredaran darah
jantung, pembuluh balik, pembuluh nadi, dan pembuluh limfa
mengangkut sari makanan,
oksigen, dan
karbondioksida
4.
Pengeluaran
ginjal, hati, kulit, dan paru-paru
mengeluarkan zat sisa
5.
Rangka
tulang, alat gerak, dan badan
alat gerak pasif
6.
Otot
serabut dan tendon
alat gerak aktif
7.
Reproduksi
testis, ovarium, dan rahim
berkembang biak
8.
Saraf
otak, sumsum tulang belakang
mengoordinasi gerak dan
tanggapan terhadap rangsang
9.
Hormon
kelenjar penghasil hormon
mengatur fungsi organ
 

Bagaimana cara merawat organ tubuh ?

Organ-organ tubuh manusia memerlukan perawatan. Dari berbagai tips merawat organ-organ di atas dapat disimpulkan, cara merawat organ tubuh secara umum di antaranya adalah dengan:


  • menghindari kebiasaan merokok dan minuman beralkohol
  • berolahraga 
  • istirahat yang cukup
  • melakukan pola makan dan minum yang teratur dan sehat. 
  • rawatlah organ tubuh dengan minum obat-obatan herbal yang kita peroleh dengan mengolah sendiri dari hasil tanaman sendiri. Misalnya dari apotek hidup yang kita buat di lingkungan rumah
 
Berikan beberapa contoh cara menjaga jantung, ginjalm hati, paru-paru dan tulang supaya selalu sehat!

A. Jantung

Tips menjaga jantung agar tetap sehat : 
  1. Stop Merokok. Perokok memiliki peluang sangat besar mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak memiliki kebiasaan merokok sama sekali. Andapun juga diwajibkan menjauhkan diri dari para perokok, agar tidak menjadi perokok pasif.
  2. Batasi Konsumsi Garam. Konsumsi garam yang berlebihan bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi. Sehingga mampu meningkatkan serangan jantung koroner. Anda dapat memulainya dengan mengurangi penggunaan garam pada menu masakan anda sehari-hari.
  3. Mulaialah Berolahraga Teratur. Dalam hal ini, bisa dengan berjalan atau berlari santai selama setengah jam atau lebih di pagi hari. Karena selalu aktif bergerak dapat memperkuat organ jantung anda.
  4. Seringlah Tertawa dan Tersenyum. Berbagai masalah yang memusingkan pikiran bisa berpengaruh terhadap kesehatan jantung anda. Usahakan meluangkan waktu untuk menghibur diri sendiri seperti menonton acara televisi yang berisi komedi yang akan membuat anda tertawa lepas.
  5. Luangkan Waktu Untuk Rekreasi. Anda juga bisa menyempatkan diri untuk berlibur atau bertamasya ke suatu tempat yang menyenangkan. Sehingga bisa menyegarkan pikiran yang juga berdampak sangat baik pada kesehatan jantung dan menurunkan tingkat stres.
  6. Stop Dari Alkohol. Anda juga sebaiknya mengurangi atau bahkan tidak meminum-minuman yang mengandung alkohol. Ini dikarenakan minuman beralkohol mampu merusak otot jantung anda.
  7. Perbanyak Buah Dan Sayur-Sayuran Makanlah buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan jantung seperti bayam serta buah alpukat. 

B. Ginjal

1. Selalu Bergerak Demi Menjaga Kesehatan
Ginjal Anda bisa dijaga dengan cara yang paling mudah, yaitu beraktivitas fisik. Anda harus aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan, karena kesehatan Anda bisa terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan.
2. Jaga Berat Badan Anda
Perut bergelambir akibat tumpukan lemak bisa menurunkan rasa percaya diri Anda jika sedang bercengkrama dengan teman. Selain mempengaruhi keadaan emosional Anda berat badan yang berlebih (apalagi obesitas) sangat tidak baik untuk kesehatan karena organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak tersebut, termasuk ginjal yang lama kelamaan akan membuatnya menjadi lemah kinerjanya.
3. Kontrol Tekanan Darah
Penyakit ginjal dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Selama lima tahun terakhir di peroleh data dari IRR yang membeberkan bahwasanya sebanyak 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi.
4. Jauhi Alkohol dan Hindari Rokok
Tembakau yang Anda hisap sehari-hari akan merusak paru-paru dan juga ginjal. Selain itu rokok (dan juga alkohol) juga menjadi penyebab utama tubuh Anda terserang berbagai penyakit mengerikan, salah satunya ginjal.
5. Hindari Stres
Stres yang menyerang Anda membuat tekanan darah menjadi naik dan seperti yang sebelumnya dijelaskan, jika tekanan darah tinggi maka risiko Anda terserang penyakit ginjal pun menjadi lebih besar.


C. Hati
1. Minum Air Lemon
Hati adalah organ tubuh dengan fungsi utama membasmi racun yang menyebar dalam tubuh Anda melalui makanan yang Anda konsumsi. Untuk membanti proses detoksifasi hati Anda bisa dengan membuat minuman yang berasal dari air putih dan air perasan lemon. Cara membuatnya adalah mencampur air perasan lemon kedalam air putih lalu diminum secara rutin tiap hari. Kandungan asam sitrat dalam lemon membantu kinerja empedu dalam mengeluarkan racun dari tubuh.
2. Konsumsi Sayuran
Beberapa sayuran ada yang tepat untuk menjaga kesehatan hati. Sayuran yang dimaksud adalah bawang dan brokoli yang keduanya sama-sama menyimpan belerang dalam porsi lebih yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mendorong kemampuan hati dalam mendetoksifikasi racun.
3. Pijat
Memang nikmat jika sedang lelah akibat ngantor seharian terus kita mampir sejenak ke tempat pijat refleksi untuk merileksasikan urat-urat yang tegang akibat aktivitas fisik kita seharian. Sama seperti hati, pijatan yang lmbuat di area dekat hati dan kantung empedu berguna untuk membantu proses peraliran atau sirkulasi darah ke hati. Hasilnya yaitu kinerja atau fungsi hati akan lebih optimal dalam bekerja.
4. Stop konsumsi alkohol
Jika Anda tipe orang yang suka menenangkan pikiran dengan cara bergaul didalam bar boleh-boleh saja karena ini hak Anda dan risiko juga Anda yang menanggung. Tapi disini saya hanya ingin mengingatkan bahwasanya didalam bar itu tentu orang-orang akan sering disuguhi dengan minuman yang mengandung alkohol dengan kadar tinggi dan hal ini yang akan membuat Anda terjebur ke jurang tanpa disadari. Alkohol yang Anda konsumsi akan berubah senyawa yang terdiri dari partikel racun yang lebih banyak sehingga hati akan bekerja untuk menyaring dan mengeluarkan racun dari tubuh lebih keras, jika terus-menerus dibiarkan maka fungsi hatipun akan melemah. Oleh sebab itu batas alkohol atau kalau bisa hentikan.
5. Suplemen untuk hati harus rutin dikonsumsi
Penuhi kebutuhan mineral penting untuk membantu hati dalam mendetoksifikasi racun dalam tubuh seperti magnesium, kalsium, kalium, sodium, besi, seng, selenium, tembaga, dan mangan.

D. Paru-Paru



1. Hindari merokok
Kegiatan merokok merupakan kegiatan yang sangat berbahaya bagi paru- paru hal itu dikarenakan racun dan asap yang terkandung dalam rokok sangatlah berbahaya. Apabila anda ingin memelihara paru- paru anda segera hindari barang tersebut.

2. Berenang
Salah satu kegiatan olahraga ini sangat membantu dalam pernafasan karena ketika kita berenang kita akan melatih paru- paru kita.

3. Olahraga
Selalu berolah raga setiap hari juga sangat membantu untuk kesehatan paru- paru kita, berbagai macam olahraga bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan, luangkanlah waktu untuk joging pada saat pagi hari.

4. Konsumsi makanan sehat
Kita juga harus menjaga tubuh agar tetap fit sehingga fungsi organ kita bisa berjalan maksimal terutama paru- paru yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat

5. Pemeriksaan teratur
Kita juga harus melakukan pemeriksaan teratur supaya kita bisa mengerti kondisi paru- paru kita dari ahlinya.
6. Menggunakan masker di tempat berdebu
Menggunakan masker pada saat kita pergi ke tempat yang sangat berdebu atau sangat berpolusi untuk mencegah banyaknya zat berbahaya yang masuk dalam paru-paru.


E. Tulang 

Berikut ini cara merawat tulang tetap sehat : 
  1. Menghindari berbagai minuman yang dapat mengakibatkan kandungan kalsium pada tulang berkurang. Salah satu minuman yang dimaksud yaitu minuman yang bersoda.
  2. Mencukupi kebutuhan Vitamin D yang sangat di butuhkan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Vitamin D ini dapat anda peroleh dari sayur-sayuran yang bewarna hijau serta brokoli.
  3. Minum susu merupakan salah satu tips mudah menjaga kesehatan tulang anda. Ini dikarenakan kandungan susu yang sangat dibutuhkan  oleh tulang kita seperti kalsium, vitamin D, protein, fosfor serta kalium.
  4. Rutin berolahraga cara mudah merawat tulang anda. Dalam hal ini berjalan atau berlari di pagi hari merupakan salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Ini dikarenakan berolahraga dapat menguatkan semua otot dan tulang anda.
  5. Meninggalkan beberapa kebiasaan buruk merokok dan minuman beralkohol merupakan kebiasaan buruk yang dapat  menurunkan massa tulang anda.
  6. Sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D untuk kebutuhan tulang anda. Berjemur pada sinar matahari di pagi hari selama kurang lebih 15 menit dapat membantu mengaktifkan provitamin D menjadi vitamin D pada kulit anda.
  7. Mengkonsumsi bawang merah dan bawang  putih merupakan salah tips yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang anda. Ini dikarenakan kedua bumbu dapur tersebut banyak mengandung zat belerang yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang anda.
Bagaimana cara merawat organ tubuh ?

Organ-organ tubuh manusia memerlukan perawatan. Dari berbagai tips merawat organ-organ di atas dapat disimpulkan, cara merawat organ tubuh secara umum di antaranya adalah dengan:

  • menghindari kebiasaan merokok dan minuman beralkohol
  • berolahraga 
  • istirahat yang cukup
  • melakukan pola makan dan minum yang teratur dan sehat. 
  • rawatlah organ tubuh dengan minum obat-obatan herbal yang kita peroleh dengan mengolah sendiri dari hasil tanaman sendiri. Misalnya dari apotek hidup yang kita buat di lingkungan rumah
Powered by Blogger.