Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum? (Halaman 139)

Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum ?

Penduduk Indonesia yang terdiri dari beragam suku bangsa tersebar di wilayah kepulauan Indonesia. Persatuan dalam keberagaman merupakan modal utama dalam mencapai masyarakat sejahtera.
Rakyat yang bersatu dalam suasana yang aman turut mendukung pelaksanaan pembangunan. Jika pembangunan berjalan dan bayi, maka kesejahteraan rakyat akan meningkat. Sebaliknya jika negara terpecah belah dan tidak aman, maka pembangunan akan terhambat. Pembangunan yang terhambat akan mempengaruhi kesejahteraan.

Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah tugas kita bersama. Bangsa indonesia harus selalu bersatu mempertahankan keutuhan wilayah NKRI.

Usaha-usaha dalam menjaga keutuhan NKRI dapat dilakukan dengan cara memelihara ketertiban dan keamanan, menghindari pertikaian antar suku, menumbuhkan sikap toleransi, menghargai perbedaan, penjaga perbatasan indonesia dengan negara lain, dan menjaga pulau-pulau paling luar dari indonesia.

Contoh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan adalah menciptakan suasana rukun, melaksanakan tanggung jawab, saling menghormati antar sesama, mematuhi peraturan yang berlaku, saling tolong menolong dengan sesama, menghargai teman yang berbeda suku bangsa, agama, dan adat istiadat. Ayo, kita tegakkan persatuan dan kesatuan demi tercapai masyarakat NKRI yang sejahtera !

Pertanyaan :
Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif dan kosa kata baku !

Jawaban :

Mengapa Persatuan dan Kesatuan Penting Untuk Kesejahteraan Umum?


Apa : Persatuan menjadi modal utama dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Mengapa : Karena rakyat yang bersatu dapat mendukung pembangunan demi kesejahteraan rakyat.
Siapa : Seluruh rakyat Indonesia.
Bagaimana : Bersikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan.
Kapan : Setiap saat.
Dimana : di Indonesia.

Powered by Blogger.