Makanan Sehat (Halaman 2)

Amatilah gambar di bawah ini!


Apakah kamu selalu makan makanan sehat seperti yang kamu lihat pada gambar?

1. Sebutkan contoh-contoh makanan yang menurutmu sehat!

Jawaban:

Buah-buahan, Sayuran, Susu, Daging.

2. Apakah kriteria dari makanan yang sehat?

Jawaban:

Kriteria makanan sehat yaitu mengandung 4 sehat 5 sempurna: vitamin, mineral, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, lemak.


Makanan sehat baik untuk tubuh kita. Tubuh manusia mengolah makanan menjadi nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan tubuh. Untuk lebih jelasnya, bacalah dialog di bawah ini dengan saksama

Dayu : “Wah, sedapnya sarapanku hari ini.”

Edo  : “Sarapan apa kamu pagi ini, Dayu? Kalau aku seperti biasa, nasi, sayur dan telur mata sapi sudah cukup.”

Dayu : “Ibuku membuat bubur ayam istimewa, Edo.”

Siti   : “Aduh, semuanya terdengar enak untukku, sekalipun hanya nasi, sayur, dan telur mata sapi. Apalagi kalau bubur ayam istimewa. Bersyukurlah kita dikaruniai sistem pencernaan, teman-teman. Dengan begitu makanan yang kita makan dapat membawa manfaat untuk tubuh kita.”

Dayu : “Betul juga ya. Apa sebenarnya manfaat sistem pencernaan itu, Siti?”

Siti  :  “Sistem pencernaan merupakan organ yang dapat ditemui pada manusia dan hewan. Sistem pencernaan berfungsi untuk memperhalus makanan sehingga menghasilkan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh. Dengan adanya nutrisi tersebut, maka manusia dan hewan, dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Jika makanan yang dikonsumsi itu sehat dan bergizi tinggi, maka manusia atau hewan yang mengonsumsinya akan bertumbuh dengan sehat.”

Edo  : “Aku pernah melihat iklan tentang bubur ayam dengan beras organik. Dalam iklan tersebut terdapat kalimat yang mengajak orang untuk memakan bubur organik itu.”

Dayu : ”Wah, kedengarannya menarik, ya, Edo. Kapan-kapan kita makan bubur ayam di tempat itu, yuk.Pastinya lebih sehat karena berasnya organik.”

Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 5 Tema 3


Powered by Blogger.