Teks Eksplanasi Ilmiah (Halaman 26)

Ayo Berdiskusi

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”, dan menjawab pertanyaan bacaan. Amati kembali jawabanmu! Pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan! Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya.



Paragraf 1 :
Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Bagaimana perjalanan arus listrik hingga sampai ke rumahmu?

Paragraf 2:
Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik. Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik menuju ke gardu-gardu penerima. Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan.

Paragraf 3:
Arus listrik yang diterima kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik. Rangkaian kabel tersebut umumnya menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas. Manfaat arus listrik antara lain untuk menyalakan beragam peralatan elektronik. Perbedaan rangkain seri dan paralel adalah rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

Paragraf 4:
Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia. Listrik sangat penting bagi kehidupan manusia sehingga kita harus bijaksana saat menggunakan listrik.

Jawablah pertanyaan berikut untuk memastikan isi tulisanmu pada diagram telah sesuai dengan isi bacaan! 

1. Apakah tulisanmu di paragraf pertama telah memenuhi kriteria berikut? 

Topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis, yaitu tentang: 

• Perjalanan arus listrik. 
• Manfaat listrik pada kehidupan warga dunia. 

2. Apakah tulisanmu di paragraf kedua dan ketiga telah memenuhi kriteria berikut? 

Mendukung topik utama yang disampaikan pada paragraf pertama, dengan menuliskan data-data yang berurutan, singkat, dan jelas sehingga mudah untuk dimengerti. Data tersebut harus berisi tentang:

• Pengertian arus listrik. 
• Urutan perjalanan arus listrik dari pembangkit hingga ke rumah warga. 
• Pemanfaatan listrik di rumah warga. 

3. Apakah tulisanmu di paragraf keempat telah memenuhi kriteria berikut? 

a. Kesimpulan isi teks bacaan, yaitu tentang peran penting listrik bagi kehidupan manusia. 
b. Pesan/ide/pendapat pribadi penulis mengenai topik masalah, yaitu tanpa listrik, manusia akan mengalami kesulitan dalam kesehariannya. 

Diskusikan jawabanmu bersama teman! Sampaikan hasil diskusi kepada gurumu!

Teks Eksplanasi Ilmiah

Teks eksplanasi ilmiah adalah teks eksplanasi yang menerangkan suatu proses yang bersifat ilmu pengetahuan alam, seperti gejala alam, terjadinya pelangi, proses arus listrik, dan sebagainya.

Teks eksplanasi berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada pembaca tentang proses terjadinya sesuatu, yang disusun menurut prinsip sebab akibat. Teks eksplanasi terdiri atas: pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelas (isi), dan penutup (kesimpulan).

Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat tentang apa yang akan dibicarakan/diinformasikan. Bagian deretan penjelas berisi urutan uraian atau penjelasan tentang proses dari peristiwa yang terjadi dan dijelaskan secara bertahap/berurutan. Bagian penutup adalah kesimpulan yang berisi interpretasi/pendapat singkat penulis tentang topik yang dijelaskan.
Powered by Blogger.