Pembelajaran Online Menggunakan Zoom


Pandemi Covid 19 merubah kebiasaan banyak hal di tengah masyarakat terutama di Indonesia. Mulai dari kebiasaan cuci tangah, memakai masker, dan lain sebagainya. Kegiatan yang bersifat mengumpulkan banyak orang juga diatur oleh pemerintah guna memutus rantai penyebaran virus. Sekolah, menjadi salah satu institusi yang diatur oleh pemerintah dimana pelaksanaan pembelajaran yang tadinya dilakukan secara langsung diganti menjadi pembelajaran melalui daring / online.

Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, pembelajaran online atau jarak jauh membutuhkan perangkat dan aplikasi yang memudahkan guru maupun siswa. Mungkin banyak yang belum tahu tentang aplikasi video conference Zoom. Kenapa menggunakan Zoom? Karena pengalaman dari penulis, aplikasi Zoom mempunyai berbagai keunggulan terutama fitur-fitur yang dapat mendukung proses pembelajaran.

Berdasarkan pengalaman dari penulis, ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh aplikasi Zoom. Berikut kelebihan-kelebihan dari aplikasi Zoom :
1. Sebagai partisipan, bisa dengan mudah ikut ke dalam pertemuan
2. Fitur untuk mendukung proses pembelajaran cukup lengkap seperti survey/poling, breakout room (membagi partisipan menjadi kelompok-kelompok), chat, jadwal, share screen, dan lain sebagainya.
3. Partisipan yang bisa join bisa mencapai ribuan (akun premium).
4. Bisa dikolaborasikan dengan live streaming seperti di Youtube Channel / Facebook.

Namun ada beberapa kelemahannya, antara lain:
1. Membutuhkan koneksi atau paket data yang lumayan besar
2. Akun gratis dibatasi 40 menit setiap pertemuan. Setelah 40 menit harus membuat meeting lagi.
3. Cara untuk menjadi host atau admin harus benar-benar fokus dan memahami berbagai teknik pengoperasiannya. Karena jika tidak terampil dalam mengelola pertemuan, maka akan banyak terjadi gangguan.
Powered by Blogger.