Mengapa Harus Melaksanakan Hak? (Halaman 78-79)


Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Repubublik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat.
Untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang. Tidak boleh hanya melaksanakan kewajiban atau sebaliknya. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak. Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.
Pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Pemilu merupakan kegiatan yang memilih orang untuk mengisi jabatan politik tertentu. Keikutsertaan warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik yang terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat. Jadi kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.



Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan hal berikut ini!

Contoh:

1. Apa pentingnya melaksanakan hak berdasarkan bacaan di atas?
    Jawaban :
  • Mewujudkan pemerintahan yang demokratis
  • Mempercepat pembangunan nasional
  • Mendukung tercapainya tujuan nasional
2. Apa pentingnya melaksanaan hakmu untuk dirimu?
    Jawaban :
Dengan melaksanakan hak mendapat pendidikan, maka kita dapat belajar dengan baik yang pada akhirnya membuat kita mendapat pengetahuan dan keterampilan. Dengan mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang lebih, dapat kita gunakan untuk berprestasi baik tingkat daerah, nasional maupun internasional, seperti mengikuti olimpiade Sains dan mengikuti perlombaan lainnya, seperti dalam bidang olahraga. Sehingga dapat mengharumkan nama sendiri, keluarga, sekolah, daerah maupun mampu mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional
Dengan melaksanakan hak kita, yaitu kelangsungan hidup, maka kita akan diberi asupan gizi yang cukup berupa makanan dan minuman. Sehingga saat kita mengikuti pelajaran di Sekolah, maka kosentrasi kita akan penuh sebab telah diberi asupan gizi yang cukup saat di rumah.
Hasil diskusi :

Melaksanakan hak sebagai warga negara sangat penting, karena dengan melaksanakan salah satu hak kita, yaitu hak turut serta dalam pemerintahan melalui pemilu, maka kita turut menentukan arah kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah melalui wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga pemerintahan, sehingga pemerintahan menjadi pemerintahan yang demokratis dan punya legitimasi (pengesahan hukum) yang kuat, sehingga membantu mempercepat pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional.

Dengan melaksanakan hak kita yaitu memperoleh pendidikan & hak kelangsungan hidup, maka kita dapat belajar dengan baik yang pada akhirnya membuat kita mendapat pengetahuan dan keterampilan. Dengan mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang lebih, dapat kita gunakan untuk berprestasi dalam bidang pendidikan atau bidang lainnya.




Bacalah kembali bacaan berjudul “Mengapa Harus Melaksanakan Hak?”. dengan cermat. Kemudian, jelaskan informasi penting yang terdapat pada teks nonfiksi tersebut berdasarkan rumusan gagasan utama pada setiap paragrafnya. Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan sebagai berikut. 1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf. 2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf. 3. Tuiskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf. 4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini dan presentasikan di depan kelas secara lisan.





Powered by Blogger.