Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1

Pembelajaran 1
Kelas 6 Tema 8 Subema 1 - Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya

---------------
Halaman 57
---------------

Presentasikan di depan kelas, gagasan utama dan informasi penting dalam setiap paragraf. Sebelum presentasi, tuliskan terlebih dahulu gagasan utama dan informasi penting pada tiap  paragraf di peta konsep yang disediakan di bawah ini.

Banjir Bukan Sekadar Bencana
Damaruta.com - Peta Konsep Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam

Berdasarkan gagasan utama dan informasi penting yang kamu temukan, buatlah sebuah ringkasan singkat tentang bacaan "Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam".

Ringkasan bacaan “Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam”

Bencana banjir sering menimpa masyarakat Indonesia, terutama pada musim penghujan. Pada musim penghujan, rata-rata curah hujan di Indonesia cukup tinggi, sehingga potensi terjadinya banjir lebih tinggi dari pada musim kemarau. Potensi banjir ini diperparah dengan pola hidup masyarakat Indonesia, kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan masih rendah, seperti membuang sampah sembarangan di sungai. Pembuangan sampah di sungai ini diperparah dengan adanya pendangkalan dan penyempitan badan sungai yang diakibatkan banyaknya permukiman di bantaran sungai.

Permukiman di bantaran sungai menjadi masalah klasik yang terus terjadi. Salah satu daerah permukiman yang cukup parah adalah permukiman di bantaran sungai Ciliwung. Penertiban permukiman di bantaran sungai sering dilakukan oleh pemerintah, namun belum membuahkan hasil yang memuaskan. Penertiban ini dilakukan karena resiko yang dihadapi masyarakat yang tinggal di permukiman bantaran sungai Ciliwung cukup tinggi. Setiap musim penghujan tiba, bisa dipastikan permukiman warga di bantaran sungai Ciliwung akan tenggelam karena banjir. Hal ini tentu  sangat berbahaya.

Selain itu, banjir juga dapat disebabkan pembangunan yang tidak mengindahkan topografi suatu lingkungan. Di Manado, pemukiman banyak didirikan di daerah perbukitan karena dataran rendah sangat sedikit. Hal ini menyebabkan tanah menjadi sulit untuk menyerap air yang pada akhirnya banjir jadi mudah terjadi.

--------------
Halaman 58
--------------

Ayo Mencoba
Perhatikan artikel di bawah. Mintalah temanmu membacakan artikel tersebut untukmu! Catatlah kata kunci dan informasi penting yang kamu dapatkan dari artikel yang dibacakan oleh temanmu tersebut. Lakukan kegiatan tersebut secara bergantian.

------

KOMPAS.com - Banjir yang melanda Mojokerto, Senin (27/3/2017), menyebabkan lumpuhnya kegiatan aktivitas belajar-mengajar di Kecamatan Mojoanyar.

Di Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, siswa SMP Negeri 2 Mojoanyar diliburkan karena banjir setinggi 80 sentimeter masuk hingga dalam ruang kelas dan guru. Banjir ini merupakan genangan paling tinggi dibandingkan banjir sebelumnya.

"Ini sudah dua kali dalam dua tahun terakhir banjir yang paling tinggi. Banjir ini kiriman dari luberan kali di depan yang sudah tidak dapat menampung lagi karena hujan terus-terusan sejak Minggu sore," kata Ngateman, penjaga SMP Negeri 2 Mojoanyar, Senin.

Selain di SMP Negeri 2, aktivitas belajar-mengajar juga diliburkan di SD Negeri Gebangmalang 1, SD Negeri Gebangmalang 2 dan SMK Negeri 1 Mojoanyar. Banjir di Mojokerto disebabkan hujan deras selama dua hari berturut-turut hingga Minggu (26/3/2017) malam.

-----

Bandingkan kata kunci dan informasi yang kamu temukan dengan kata kunci dan informasi penting yang ditemukan oleh temanmu.

Kata kunci :
Banjir

Informasi penting :
- Lumpuhnya aktivitas belajar-mengajar
- Banjir dari luberan sungai
- Banjir disebabkan hujan deras selama dua hari berturut-turut
- SMP Negeri 2, SD Negeri Gebangmalang 1, SD Gebangmalang 2, SMK Negeri 1 Mojoanyar
  libur karena banjir

--------------
Halaman 60
--------------

Gagasan utama yang aku dapatkan dari bacaan yang dibacakan oleh temanku :
(.......... : jawaban relatif beda-beda, sesuai dengan apa yang dibaca temanmu)
Gagasan utama yang aku dapatkan setelah membaca bacaan dalam hati :



Berdasarkan teks bacaan "Ada Dua, Ada Empat", jelaskan penyebab terjadinya perbedaan musim di Bumi!

Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8

Powered by Blogger.