Kelas 6 Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 6

Pembelajaran 6

Kelas 6 Tema 8 Subema 1 - Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya



Bacalah teks bacaan di bawah ini dengan teknik membaca memindai.

Keadaan Alam Indonesia 

Indonesia memiliki lebih dari ribuan pulau. Pulau terpadat penduduknya adalah Pulau Jawa. Lebih dari setengah (65%) penduduk Indonesia hidup di Pulau Jawa. Indonesia memiliki 5 pulau besar, yaitu Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung api. Sekitar 130 di antaranya termasuk gunung api aktif. Sebagian dari gunung api terletak di dasar laut dan tidak terlihat di permukaan laut. Indonesia merupakan tempat pertemuan dua rangkaian gunung api aktif. Selain itu, terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia. 

Indonesia mempunyai iklim tropik basah yang dipengaruhi oleh angin muson barat dan muson timur. Dari bulan November hingga Mei, angin bertiup dari arah barat laut. Angin ini membawa banyak uap air sehingga pada bulanbulan tersebut Indonesia mengalami musim hujan. Bulan Juni hingga Oktober, angin bertiup dari tenggara. Angin ini bersifat kering sehingga pada bulanbulan tersebut, Indonesia mengalami musim kemarau. 

Suhu udara di dataran rendah Indonesia berkisar antara 23° Celsius sampai 28° Celsius sepanjang tahun. Namun, suhu juga sangat bervariasi. Rata-rata mendekati 40° Celsius pada musim kemarau di lembah Palu, Sulawesi dan di Pulau Timor. Suhu di bawah 0° Celsius di Pegunungan Jaya Wijaya, Papua. Terdapat salju abadi di puncak-puncak pegunungan di Papua,seperti puncak Trikora (G.Wilhelmina, 4.730 m) dan Puncak Jaya (G. Carstenz, 5.030 m). 

Curah hujan di Indonesia rata-rata 1.600 milimeter setahun. Daerah dengan curah hujan rata-rata tinggi sepanjang tahun adalah Aceh, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, sebagian Jawa Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Delta Memberamo di Papua. Bacaan di atas merupakan contoh sebuah teks nonfiksi. Apakah kamu tahu pengertian teks nonfiksi?

---------------
Halaman 50
---------------

Karangan Nonfiksi 

Karangan nonfiksi ialah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Tulisan nonfiksi biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, desertasi, makalah, dan sebagainya. 

Perbedaan antara fiksi dan nonfiksi terletak pada masalah faktual atau tidak, imajiner atau tidak. Perbedaan antara keduanya sama sekali tidak ada hubungannya dengan gaya bahasa atau apa pun selain masalah fakta atau khayalan. 

Karangan nonfiksi berusaha mencapai taraf objektivitas yang tinggi, berusaha menarik, dan menggugah nalar (pikiran) pembaca. Bahasa karangan nonfiksi bersifat denotatif dan menunjukkan pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda. 

Nonfiksi dibagi menjadi 2 seperti berikut.
1. Nonfiksi murni berisi pengembangan berdasarkan data-data yang autentik.
2. Nonfiksi kreatif berawal dari data autentik kemudian dikembangkan sesuai imajinasi penulisnya yang pada umumnya dalam bentuk novel, puisi, prosa.

Dari Teks nonfiksi berjudul “Keadaan Alam Indonesia”, sajikan informasi penting yang kamu temukan dalam format berikut!



Indonesia termasuk negara dengan curah hujan cukup tinggi. Pada musim hujan, beberapa daerah mengalami bencana banjir. Bacalah artikel tentang banjir di bawah ini!

Sumbatan, Air, dan Banjir

sumbatan, air, dan banjir
Damaruta.com - Sumbatan, Air, dan Banjir

Di Jakarta, banjir sudah menjadi peristiwa biasa. Pertama kali banjir di Jakarta terdokumentasikan pada tahun 1699. Banjir sudah terjadi di Jakarta sejak zaman kolonial. 

Ada hal penting terkait banjir yang harus kita ketahui, yakni sumbatan saluran air. Sumbatan terjadi ketika Jakarta mengalami banjir. Di kota ini, banjir tidak hanya berisi air, namun terdapat banyak sampah juga! Banyak orang yang menganggap air merupakan suatu elemen penyebab polusi. Sebenarnya, sampahnya yang menyebabkan air terkena polusi. 

Ketika terdapat banyak sampah di sepanjang sungai, tidak ada ruang lagi bagi air untuk mengalir karena terhambat oleh sampah tersebut. Tak pelak lagi, air pun meluap dan terjadilah banjir. Air dan sampah bercampur dan mengalir di sepanjang jalan-jalan yang biasa kita lewati. 

“Saya percaya bahwa kita bisa mengurangi risiko banjir jika Pemda Jakarta melakukan berbagai proyek air yang dapat mengedukasi dan menginformasikan bagaimana cara untuk membuang sampah yang benar beserta sanksi tertentu apabila tidak mematuhi aturan,” tutur Candrian Attahiyat, seorang ahli arkeologi dan pelestari Kota Tua Jakarta. 

Sumber : http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/11/sumbatan-air-dan-banjir

--------------
Halaman 52
--------------

Analisalah informasi yang disajikan di artikel di atas. Identifikasilah kewajiban yang tidak ditunaikan oleh masyarakat. Jelaskan apa akibat dari kelalaian tersebut.

Kewajiban :
- Menjaga Kebersihan Lingkungan
Akibat kewajiban tidak ditunaikan :
- Lingkungan menjadi kotor, penuh dengan sampah

Kewajiban :
- Membuang sampah pada tempatnya
Akibat kewajiban tidak ditunaikan :
- Sungai penuh dengan sampah yang akhirnya air sungai sulit mengalir dengan lancar

Kewajiban :
- Menjaga kelancaran saluran air/selokan
Akibat kewajiban tidak ditunaikan
- Saluran air tersumbat yang akhirnya menyebabkan banjir

Kewajiban :
- Menjaga/mengantisipasi tempat-tempat yang mudah menjadi sarang penyakit
Akibat kewajiban tidak ditunaikan
- Penyakit merajalela, seperti diare, demam berdarah, penyakit kulit, dan lain-lain

Sebagai anggota masyarakat, kita memiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Bekerjalah dalam kelompok. Diskusikan kewajiban yang kamu miliki sebagai anggota masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di tempat tinggal kamu.

Tuliskan hasil diskusi kalian dalam format yang disediakan seperti contoh berikut!

  • Melaksanakan program 3 M (Menutup, menguras, mengubur) dalam mengurangi dampak penyakit demam berdarah
  • Membuang sampah pada tempatnya
  • Mengurangi sampah dengan program daur ulang limbah, seperti bank sampah
  • Menjaga kebersihan lingkungan rumah, baik dalam maupun luar rumah, serta lingkungan sekitar rumah
  • Menjaga kelancaran aliran air/selokan di sekitar rumah
  • Turut menyukseskan program kesehatan, seperti Germas (Gerakan Masyarakat Sehat), Posyandu, dan lain sebagainya




Ketika musim hujan tiba, lapangan sekolah menjadi becek dan berlumpur. Hal ini mengakibatkan sepatu siswa-siswi menjadi kotor. Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan, SD Pelita Hati membuat jadwal piket tambahan.

Mematuhi dan menjalankan jadwal piket dengan baik merupakan kewajiban setiap siswa SD Pelita Hati.

Bantulah SD Pelita Hati dengan membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan oleh petugas piket dan siswa-siswa lainnya sebagai perwujudan kewajibannya dalam menjaga lingkungan sekolah

kewajiban petugas piket


--------------
Halaman 53
--------------

Tuliskan kembali kewajibanmu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. Masukkan ke tabel berikut. Tempelkan tabel tersebut di tempat yang mudah kamu baca dan jadikan sebagai pengingatmu.

Kewajibanku dalam menjaga kebersihan dan Kesehatan

Damaruta.com  Kewajibankudalam menjaga Kebersihan dan Kesehatan
Damaruta.com
Kewajibankudalam menjaga Kebersihan dan Kesehatan



Menjaga kebersihan dan kesehatan adalah kewajiban semua penghuni sekolah. Nyanyikan lagu "Bersih dan Sehat" bersama temanmu. Nyanyikan lagu ini dan perhatikan interval nada dalam lagu, kemudian tampilkan lagu tersebut di depan kelas.

Damaruta.com - Lagu Bersih dan Sehat



Kamu telah belajar banyak tentang kondisi alam negara-negara tetangga kita. Apa yang akan kamu lakukan sebagai perwujudan rasa syukur atas karunia kondisi alam Indonesia yang sangat subur dan indah? Apa kewajibanmu sebagai anak bangsa ini dalam menjaga dan melestarikan kekayaan alam Indonesia?




Pilihlah salah satu lagu yang telah kamu pelajari di subtema ini. Ceritakanlah kepada orang tuamu tentang interval lagu dan cara mengidentifikasinya.



Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8

Powered by Blogger.