Cara Membuat Kipas dari Kertas (Halaman 51)

Cara Membuat Kipas dari Kertas

Kita dapat menemukan energi di sekitar kita. Energi sangat berguna untuk makhluk hidup saat melakukan kegiatan. Energi listrik adalah energi yang paling banyak digunakan di rumah. Tulislah barang-barangmu yang membutuhkan energi listrik.

Kita harus memperhatikan penggunaan energi. Jangan sampai energi habis karena pemakaian yang tidak terbatas. Apa yang bisa kita lakukan agar energi tidak habis? Selalu berhemat akan membantu ketersediaan energi. Daripada pergi ke sekolah naik kendaraan, kita bisa naik sepeda atau berjalan kaki.

Kipas angin merupakan salah satu benda di rumah yang membutuhkan energi listrik. Kali ini kamu akan belajar membuat kipas yang tidak membutuhkan listrik. Bacalah petunjuk berikut dengan seksama dan praktikkan.

Alat dan Bahan  
  1. Kertas Kado
  2. Gunting
  3. Lem/Double Tape
Cara membuat kipas kertas :
  1. Siapkan kertas berbentuk persegi segala ukuran (Kertas kado, majalah bekas).
  2. Ambil lem kertas.
  3. Lipat kertas pada satu bagian ujung sekitar 2 cm
  4. Balikkan kertas dan lipat lagi ke arah yang berbeda. Lakukan hal yang sama sampai seluruh bagian kertas terlipat.
  5. Lipat lagi lipatan kertas menjadi dua bagian yang sama besar.
  6. Lem di sisi kertas yang saling berhadapan.
  7. Kipas siap dipakai.
Cara Membuat Kipas Sendiri

Carilah bentuk-bentuk kipas yang berbeda. Tulislah cara membuatnya dan sampaikan kepada gurumu.

Alat dan Bahan   Kertas Kado Gunting Lem/Double Tape Cara membuat kipas kertas : Siapkan kertas berbentuk persegi segala ukuran (Kertas kado, majalah bekas). Ambil lem kertas. Lipat kertas pada satu bagian ujung sekitar 2 cm Balikkan kertas dan lipat lagi ke arah yang berbeda. Lakukan hal yang sama sampai seluruh bagian kertas terlipat. Lipat lagi lipatan kertas menjadi dua bagian yang sama besar. Lem di sisi kertas yang saling berhadapan. Kipas siap dipakai.





Powered by Blogger.