Cara Membuang Masker yang Benar


Ilustrasi memotong masker sebelum di buang (bahan gambar : pixabay)
Sahabat Damaruta, masker menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dibutuhkan saat ini. Terlebih lagi karena adanya ancaman penyebaran virus Covid-19. Pada artikel sebelumnya kita sudah belajar tentang tipe-tipe masker. Nah, khusus untuk artikel kali ini kita akan belajar cara membuang masker yang benar. Cara ini lebih tepat dipakai untuk membuang masker tipe bedah atau yang sifatnya sekali pakai.

Nah, berikut ini beberapa panduan untuk membuang masker sesuai dengan rekomendasi dari WHO :

1. Melepas masker harus dari belakang jangan menyentuh bagian depan masker
Langkah ini dipakai untuk meminimalisir tangan kita menyentuh kotoran atau debu yang menempel di masker. Ketika masker dipakai, ibarat alat penyaring, semacam ada ampas yang menempel pada permukaan masker. Sehingga ketika melepas lebih aman dari belakang, pegang talinya.

2. Segera gunting dan buang di tempat sampah yang tertutup
Kenapa harus digunting? Cara ini dipakai agar menghindari pemakaian kembali ketika sudah berada di tempat pembuangan akhir atau di tempat lain. Di beberapa media diberitakan bahwa ada oknum-oknum yang mendaur ulang sampah masker dan dijual kembali. Tentu hal tersebut membahayakan kesehatan masyarakat.

3. Bersihkan tangan dengan sabun atau hand sanitizer
Terakhir jangan lupa langkah membersihkan tangan kita. Langkah ini tidak hanya dilakukan setelah membuang masker saja, tetapi menjadi kebiasaan kita sebagai upaya membudayakan hidup bersih dan sehat.

Demikian artikel dari Damaruta kali ini, semoga bermanfaat.

Referensi :
Infografis Cara Membuang Masker yang Benar dari IG Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI
Powered by Blogger.