Materi Kelas 2 Tema 4 Subtema 1 Bangun Datar dan Bangun Ruang

Geometri adalah ilmu yang mendalami materi tentang titik, garis, bangun, dan sudut. Ilmu geometri merupakan ilmu cabang dari ilmu matematika yang di kenal sejak lama. Dalam ilmu geometri yang menjadi pokok bahasan utamanya adalah titik, garis, sisi dan bangun. untuk memahami titik, garis, sisi dan bangun, bacalah penjelasan di bawah ini

MENGENAL BANGUN DATAR 

PENGERTIAN BANGUN DATAR, SISI, TITIK SUDUT DAN RUSUK (RUAS GARIS)

Pengertian Bangun Datar

Bangun datar adalah bagian dari bidang datar yang dibatasi oleh garis-garis lurus atau lengkung (Imam Riji, 1997). dengan permukaan yang datar bangun datar hanya memiliki panjang dan lebar (2 Dimensi). Pada bangun datar juga terdapat ruas garis dan titik sudut. Garis yang menghubungkan titik sudut pada bangun datar disebut ruas garis. Sedangkan garis yang menghubungkan antara titik sudut pada bangun ruang disebut rusuk.

Pengertian Sisi

Sisi adalah  bidang  yang memisahkan bagian luar dan bagian dalam pada suatu bangun. Istilah sisi ini sering kita jumpai pada bangun ruang.

Pengertian Titik Sudut dan Sudut

Pertemuan dua sisi atau lebih pada suatu titik disebut titik sudut. baik pada bangun datar atau bangun ruang, semuanya memiliki sisi namun jumlahnya yang berbeda. Sedangkan Sudut adalah suatu bidang datar yang memiliki pojok. Untuk lebih memahaminya perhatikan gambar dibawah ini.
         
Jika kita pelajari dengan seksama mengenai sisi, titik sudut dan sudut pada gambar bangun datar jajaran genjang dan persegi diatas maka dapat kita hitung   banyaknya sisi, sudut dan titik sudut pada kedua bangun datar tersebut.

Ruas Garis (Rusuk)

Ruas garis adalah garis yang menghubungkan antara pertemuan dua sisi atau pertemuan titik sudut. Pada bangun ruang ruas garis sering disebut dengan istilah rusuk. Banyaknya rusuk tergantung dengan bangun ruang yang dibentuk.

Bangun Datar Persegi

Bangun datar persegi memiliki sisi, titik sudut dan sudut dengan jumlah :
sisi square = 4
Banyaknya titik sudut = 4
Banyaknya sudut = 4
Bangun Datar Jajaran Genjang
Bangun datar jajaran genjang memiliki sisi, titik sudut dan sudut dengan jumlah  sama dengan jumlah yang dimiliki bangun datar persegi:
sisi parallerogram = 4
Banyaknya titik sudut = 4
Banyaknya sudut = 4


Powered by Blogger.