Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 Pembelajaran 4 (Halaman 114, 115, 117, 118, 119)

----------------
Halaman 114
----------------


Laos 

Keadaan Alam 

Laos merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak berbatasan dengan laut. Wilayah Laos bergunung-gunung. Sungai Mekong merupakan sungai utama. Daerah pertanian terpenting terletak di lembah Sungai Mekong. Laos diselimuti hutan lebat. Laos juga memiliki dataran tinggi dan beberapa dataran rendah. 

Hasil Utama 

Hasil tanaman pangan utama Laos adalah padi dan jagung. Hasil hutan utama berupa kayu jati. Barang ekspor utama Laos antara lain kopi, kapur barus, dan kulit binatang. Barang impornya terutama minyak bumi, mesinmesin, dan beras.

-----

Filipina 


Keadaan Alam 

Filipina merupakan negara kepulauan. Sebagian besar wilayah Filipina berupa pegunungan. Gunung api yang terdapat di Filipina antara lain Gunung Mayon, Gunung Taal, dan Gunung Pinatubo. Sekira 40% wilayah Filipina berupa hutan. Hasil hutan yang menonjol antara lain kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus, dan kayu mahoni. 

Hasil Utama 

Sebagian besar penduduk Filipina bermata pencaharian sebagai petani. Hasil pertanian utama, antara lain pisang, jeruk, kelapa, kopi, tembakau, dan tebu. Tanaman pangan utama adalah padi dan jagung. Hasil ternak utama adalah sapi perah. Hasil tambangnya terutama emas, perak dan tembaga. Hasil industri utamanya adalah tekstil, kertas, dan gula. 

---

Dari informasi di atas, apakah ada persamaan yang kamu temukan mengenai keadaan perekonomian di Laos dan Filipina? Bagaimana dengan perbedaannya? Apakah ada perbedaan yang kamu temukan?


Persamaan :
Sama-sama negara agraris. Yaitu negara yang sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani.

Perbedaan :
Negara Laos tidak memiliki laut, sedang negara Filipina memiliki laut. Wilayah Laos terkurung daratan, sedang Filipina terkurung lautan.

----------------
Halaman 115
----------------

Carilah informasitambahan dari berbagai sumbertentang kondisi geografis Laos dan Filipina.
• Bacalah informasi tentang kehidupan perekonomian dan hasil utama di kedua Negara tersebut.
• Analisislah dan carilah hubungannya. Tuliskan hasil analisismu dalam bentuk uraian .

Tentukan kata kunci dan gagasan utamanya terlebih dahulu sebelum kamu menguraikan hasil analisismu.

Hasil Analisisku
Kata Kunci : Keadaan Geografis
Gagasan utama : Pengaruh wilayah Laos dan wilayah Filipina terhadap perekonomian.

Laos

Wilayahnya terkurung daratan dan bergunung-gunung. Terletak di bagian Utara Semenanjung Indocina. Sering disebut "The Land Locked Country" yang artinya Tnah yang terkunci dan terkepung oleh lima negara. Batas-batas Laos secara geografis :
Utara : Myanmar, China dan Vietnam
Selatan : Thailand dan Kamboja
Barat : Thailand
Timur : Vietnam
Keadaan alam negara Laos :
Barisan pegunungan lipatan yang membujur dari Barat Laut ke Tenggara dengan puncak gunung tertinggi adalah Gunung Bia (2.819 m)
Pegunungan Annam di sebelah Timur
Plato Boloven yang terdapat di bagian Selatan
Lembah sungai Mekong di bagian Barat yang mengalir di wilayah Laos dan bermuara di Teluk Tonkin, merupakan daerah yang subur, dan merupakan penghasil beras.
Perekonomian Laos :
Laos merupakan negara agraris karena sebagian besar kegiatan ekonomi penduduknya adalah sektor pertanian yang banyak diusahakan di sekitar sungai Mekong. Selain pertanian, kegiatan ekonomi penduduk laos adalah perkebunan, peternakan, dan pertambangan.

Filipina
Filipina adalah negara yang mendiami rangkaian kepulauan yang terletak di sebelah utara lepas pantai Pulau Sulawesi.
Bata-batas wilayah Filipina :
Utara : Laut Filipina
Timur : Samudra Pasifik
Selatan : Laut Sulawesi dan Laut Sulu
Barat : Laut China Selatan.
Sekitar 45 persen wilayah darat negara Filipina dimanfaatkan sebagai lahan pertanian. Filipina adalah negara agraris karena sebagian besar kegiatan ekonomi penduduknya adalah bidang pertanian. Di Filipina terdapat pusat penelitian padi internasional (IRRI). Kegiatan penduduk yang lain adalah di bidang perdagangan, industri, dan pertambangan.


Bacalah teks bacaan di bawah ini! Kisah Petani Cabai Sukses, Untungnya Menggiurkan Jawa Pos.com – Pensiun dari pekerjaan sebagai aparatur sipil Negara (ASN) tak membuat Imam Kusno berhenti berusaha untuk hidupnya. Pria yang sebelumnya berstatus guru ini justru sukses bertani cabai. Hasilnya bahkan melebihi penghasilan tetapnya tiap bulan. Berikut kisahnya. Sudah 4 tahun ini Imam bergelut dengan tanaman cabai lokal. Dia menanam komoditas yang kini harganya selangit itu di atas tanah seluas sekitar 1 hektare di Desa Natai Raya, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah.




Bacalah teks bacaan di bawah ini! 

Kisah Petani Cabai Sukses, Untungnya Menggiurkan 

Jawa Pos.com – Pensiun dari pekerjaan sebagai aparatur sipil Negara (ASN) tak membuat Imam Kusno berhenti berusaha untuk hidupnya. Pria yang sebelumnya berstatus guru ini justru sukses bertani cabai. Hasilnya bahkan melebihi penghasilan tetapnya tiap bulan. Berikut kisahnya. 

Sudah 4 tahun ini Imam bergelut dengan tanaman cabai lokal. Dia menanam komoditas yang kini harganya selangit itu di atas tanah seluas sekitar 1 hektare di Desa Natai Raya, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah.

Dalamsatutahun,ImammengakubisameraihuntunghinggaRp100.000.000,00 dengan masa dua kali panen. Itu dilakoninya sendiri tanpa dibantu petani lainnya. Harga cabai yang kian mahal membuat penghasilannya bertambah. Harga cabai saat ini sekitar Rp150.000,00 per kilogram.

”Yang kita tanam ini hanya seperempat hektare, sekitar lima batang saja. Kalau pakai tenaga sendiri hanya Rp3.000,00 per batang biaya perawatan hingga masa panen," ujar Imam, Senin (20/2) saat dikunjungi di kebun cabai miliknya.

MenurutImam, bertani cabai seperti merawat bayi. Harus tekun dan tidak boleh dibiarkan begitu saja. Ketika dipanen, para pedagang yang datang mengambil cabai ke rumahnya. Dia menjual sebesar Rp125.000,00 per kilogram.

”Tergantung kualitas bibitnya, biasanya harga normal dulu sebelum naik Rp20.000,00 hingga Rp40.000,00 per kilogramnya," ujarnya.

Imam menuturkan, penyebab harga cabai naik di pasaran adalah cuaca yang tidak menentu. Hal itu menyebabkan beberapa penyakit cabai, seperti jamur, hama, dan lainnya mudah menyerang. Hal yang ditakutkan petani cabai adalah apabila hujan siang hari karena jamur akan bermunculan. Karena itu, setelah hujan, tanaman cabai harus disemprot.

Menentukan berhasil atau tidak itu kan cuaca. Lebih baik musim kemarau sekalian lebih bagus. Dampaknya cuaca seperti ini, jamur yang banyak, patek juga banyak. Makanya, dua kali sehari disemprot tidak menutupi gagal panen," katanya. 

Sementara itu, Kasi Produksi Hortikultura Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Kobar, Legiman mengatakan, petani cabai di Kobar paling banyak berada di Kecamatan Pangkalan Lada dan Arut Selatan. Cabai lokal di Kobar sudah bisa memenuhi kebutuhan pasar. 

”Sebagian dipasok dari jawa, sekarang ini rata-rata cabai di pasaran sudah disuplai petani lokal dan kualitasnya juga bagus," tandasnya. 

Sumber: https://www.google.co.id/amp/s/www.jawapos.com/features/22/02/2017/kisah-petanicabai-sukses-untungnya-menggiurkan%3famp=1


----------------
Halaman 117
----------------


Bersama dengan temanmu, lengkapilah format ulasan cerita yang disediakan.
Bagian-bagian cerita "Kisah Petani Cabai Sukses, Untungnya Menggiurkan"

Bersama dengan temanmu, lengkapilah format ulasan cerita yang disediakan. Bagian-bagian cerita "Kisah Petani Cabai Sukses, Untungnya Menggiurkan"

Bersama dengan temanmu, lengkapilah format ulasan cerita yang disediakan. Bagian-bagian cerita "Kisah Petani Cabai Sukses, Untungnya Menggiurkan"

---

Kapan cerita itu terjadi :
Saat pensiun dari pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN)

Di mana cerita itu terjadi?
Desa Natai Raya, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

Deskripsi tentang tokoh yang diceritakan :
Seorang pensiunan pegawai, pekerja keras, ulet, pantang menyerah, tekun, cinta dengan pekerjaannya, penuh kasih sayang dalam merawat tanamannya

Masalah/tantangan yang dihadapi oleh tokoh dalam cerita :
Kondisi cuaca yang tidak menentu, penyakit yang menyerang tanaman

Penyelesaian masalah :
Perawatan secara rutin, seperti dua kali sehari disemprot untuk menghindari penyakit

Gagasan utama cerita :
Kesuksesan petani cabai

Bagian cerita yang paling aku sukai :
Keuntungan yang diperoleh

Karena :
Kerja keras tidak akan mengingkari hasil

----------------
Halaman 118
---------------

Carilah contoh-contoh hak warga negara yang dikategorikan sebagai hak asasi. Carilah informasi dari berbagai sumber dan sajikan informasi yang kamu temukan dalam bentuk informasi visual atau infografis


----------------
Halaman 119
----------------

Analisislah setiap jenis mata pencaharian tersebut dan identifikasikan bagaimana seseorang dengan menjalani mata pencaharian tersebut berinteraksi dengan lingkungan alamnya. Lalu, tentukan beberapa aksi yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Analisislah setiap jenis mata pencaharian tersebut dan identifikasikan bagaimana seseorang dengan menjalani mata pencaharian tersebut berinteraksi dengan lingkungan alamnya. Lalu, tentukan beberapa aksi yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Analisis Mata Pencaharian


Sumber: Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 8

Powered by Blogger.