Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Semboyan Negara Indonesia (Halaman 38)

Makna Persatuan dan Kesatuan Bangsa 
dalam Semboyan Negara Indonesia
Persatuan dan kesatuan berasal dari kata “satu” yang mempunyai arti utuh atau tidak terpecah-belah. Kata persatuan sanggup diartikan sebagai perkumpulan dari banyak sekali hal menjadi satu. Kesatuan merupakan hasil perkumpulan tersebut yang telah menjadi satu dan utuh. Persatuan dan kesatuan mempunyai makna “bersatunya beraneka ragam Suku Bangsa menjadi satu kesatuan yang utuh dan serasi.” Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia sanggup diartikan sebagai persatuan bangsa atau negara yang menduduki wilayah Indonesia. Persatuan itu didorong untuk mencapai kehidupan yang bebas dalam wadah negara yang merdeka dan berdaulat.

Persatuan dan kesatuan bangsa mempunyai makna yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia yang tinggal dalam negara kepulauan mempunyai keragaman budaya, agama, suku bangsa, bahasa, dan adab istiadat. Namun demikian, mereka terikat satu sama lain lantaran mempunyai kesamaan-kesamaan yang memengaruhi kehidupan masyarakatnya. Kesamaan-kesamaan dan keterikatan yang terbangun dari semenjak zaman nenek moyang telah disebutkan dalam kitab yang ditulis Mpu Tantular, yaitu Kitab Sutasoma. Di dalam kitab tersebut menyebutkan perihal Bhinneka Tunggal Ika.

Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno yang dipakai Mpu Tantular yang hidup pada masa Kerajaan Majapahit. Bhinneka Tunggal Ika mempunyai makna meskipun berbeda-beda tetapi satu kesatuan utuh yang tidak sanggup dipisahkan. Begitu dalamnya makna di dalam kalimat tersebut, sehingga Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan bangsa Indonesia dan menjadi penggalan dari lambang Negara Indonesia. Hal ini dimaksudkan semoga bangsa Indonesia yang sangat bermacam-macam ini terus mengingat pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat.

Di dalam perkembangannya, masyakarat Indonesia terus berusaha mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa di tengah perubahan yang terjadi di seluruh dunia. Namun demikian, semboyan Bhinneka Tunggal Ika masih tetap sesuai dengan zaman modern ketika ini. Bahkan, bangsa lain mengakui kemampuan bangsa Indonesia untuk tetap bersatu mengatasi perbedaan dalam kehidupan masyarakat ketika ini.

Jawablah pertanyaan berikut ini
1. Apa makna semboyan Bhinneka Tunggal Ika?
Jawaban :
Bhinneka Tunggal Ika mempunyai makna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia yaitu satu kesatuan yang utuh yang tidak sanggup dipisahkan

2. Bagaimana kiprah semboyan Bhinneka Tunggal Ika dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa?
Jawaban :
Bhinneka Tunggal Ika menjadi semboyan atau moto bangsa Indonesia dan menjadi penggalan dari lambang Negara Indonesia. Hal ini dimaksudkan semoga bangsa Indonesia yang bermacam-macam ini terus mengingat pentingya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai bangsa yang utuh dan berdaulat

3. Mengapa persatuan dan kesatuan bangsa dianggap penting bahkan oleh nenek moyang kita?
Jawaban :
Sejak dahulu, bangsa Indonesia yang tinggal dalam tempat kepulauan mempunyai keragaman dalam budaya, agama, suku, bahasa dan adab istiadat. Keharmonisan dalam perbedaan/keragaman itu bisa terwujud bila ada persatuan dan kesatuan.

4. Bersama dengan temanmu, carilah sebuah insiden dari koran atau majalah. Peristiwa tersebut yang menjelaskan insiden yang sanggup memengaruhi makna persatuan dan kesatuan bangsa di dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Jelaskanlah judul peristiwa, tempat peristiwa, sumber gosip dan gambar, dan makna persatuan dan kesatuan melalui gambar tersebut. Jelaskanlah hasil pemikiranmu di depan kelas dengan percaya diri.

(Diisi siswa)

Powered by Blogger.