Keteraturan di Alam Semesta (Halaman 51-52)

Keteraturan di Alam Semesta


Matahari terbit di timur dan terbenam di sebelah barat setiap hari. Tidak pernah berubah hingga kini. Apa saja yang kamu amati ketika matahari terbit dan tenggelam? Adakah perbedaan yang kamu lihat dan rasakan ketika kamu menyaksikan peristiwa alam itu?
Buatlah paling sedikit dua pertanyaan yang berhubungan dengan peristiwa alam tersebut!
  • Mengapa matahari terbit dari timur? 
  • Mengapa jika malam hari suasana menjadi gelap?


Peristiwa terbit dan tenggelamnya matahari merupakan salah satu peristiwa alam. Kedua peristiwa tersebut menunjukkan keteratura yang terus berlangsung hingga saat ini. Bersama dengan teman sebangkumu, diskusikan hal-hal berikut ini:
1. Adakah keteraturan peristiwa alam yang kamu amati selain peristiwa Matahari terbit dan tenggelam tersebut?
Jawaban :
Ada. Diantaranya rotasi Bumi yang selalu teratur arah rotasinya. Peredaran planet-planet yang teratur pada jalur orbitnya. Keteraturan arah revolusi bulan terhadap Bumi. Keteraturan rotasi satelit-satelit planet lainnya terhadap planetnya masing-masing, dan sebagainya.

2. Bagaimana kamu menjelaskan makna keteraturan?
Jawaban :
Keteraturan adalah suatu kesamaan keadaan/kegiatan, atau suatu proses yang terjadi beberapa kali/berulang dimana proses tersebut terjadi secara baik/rapi/teratur

3. Bagaimana keteraturan memberikan manfaat kepada manusia?
Jawaban :
  • Keteraturan peredaran benda langit pada orbitnya memberi manfaat bagi manusia terutama dalam menentukan arah/posisi melalui rasi bintang
  • Keteraturan rasi bintang digunakan manusia untuk menentukan waktu yang tepat untuk memulai masa tanam/menggarap sawah
  • Keteraturan angin darat dan angin laut bermanfaat bagi manusia saat melaut
  • Adanya keteraturan siklus air bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia
  • Adanya keteraturan siklus siang dan malam bermanfaat bagi manusia dalam menentukan waktu beraktivitas dan waktu istirahat
4. Keteraturan seperti apa yang kamu harapkan terjadi di sekitarmu?
Jawaban :
    Keteraturan dalam bersosialisasi/berinteraksi antar manusia
    Keteraturan dalam berinteraksi dengan alam/lingkungan

5. Bagaimana memastikan terjadinya keteraturan di dalam kehidupan pribadimu?
Jawaban :
Dengan berkomitmen/berdisiplin melaksanakan segala hal yang sudah menjadi kewajiban saya dan menyeimbangankan kewajiban tersebut dengan hak saya, sehingga terjadi keteraturan.

6. Bagaimana memastikan terjadinya keteraturan dalam hidup bermasyarakat?
Jawaban :

Keteraturan dalam masyarakat akan terjadi apabila setiap individu melaksanakan kewajiban dan menerima haknya sesuai ketentuan/seimbang
Jelaskanlah hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran. Lalu, presentasikanlah di dalam kelompok kecil di dalam kelas. Catatlah hal-hal menarik dan baru dari hasil diskusi dengan teman-temanmu. Tuliskanlah beberapa pertanyaan yang muncul pada saat diskusi tersebut.

Jelaskanlah hasil diskusimu dengan menggunakan peta pikiran. Lalu, presentasikanlah di dalam kelompok kecil di dalam kelas. Catatlah hal-hal menarik dan baru dari hasil diskusi dengan teman-temanmu. Tuliskanlah beberapa pertanyaan yang muncul pada saat diskusi tersebut.

Peta Pikiran KETERATURAN

Powered by Blogger.