Kala Geologi dan Sejarah Kehidupan



Masa Prakambrium

• Masa Arkeozoikum (masa kehidupan purba) : awal terbentuknya batuan kerak bumi dan atmosfer serta awal kehidupan primitif di dalam samudera ditandai dengan adanya microorganisme (bakteri dan ganggang).
• Masa Proterozoikum (masa kehidupan awal) : awal terbentuknya hidrosfer dan atmosfer. masa ini juga trjadi peralihan antara organisme bersel tunggal menjadi bersel banyak yaitu enkaryotes (cikal bakal tumbuhan) dan prokaryotes (nantinya menjadi hewan). Invertebrata (hewan bertubuh lunak) seperti ubur-ubur, cacing, koral muncul dilaut dangkal.

Masa Paleozoikum

 • Zaman Kambrium : hewan invertebrata semakin banyak, hampir seluuh kehidupan ada di laut, daratan Gondwana muali berpisah
•Zaman Ordovisium : koral dan alga berkembang membentuk karang, trilobit dan brachiopoda mencari mangsa. melauapnya samudera dari zaman es terjadi pada masa ini
• Zaman Silur : masa peralihan kehidupan laut/air ke darat. kelompok kehidupan mulai muncul salah satunya vertebrata. muncul tumbuhan darat pertama yaitu Pteridophyta (tumbuhan paku)
• Zaman Devon : tumbuhan darat pertama masih ada pada masa ini, di laut terdapat hewan tidak bertulang belakang, anggota molusca dan arthopoda berkembang baik.
• Zaman Karbon : benua-benua di bumi menyatu membentuk masa daratan disebut PANGEA. Golongan vertebrata (reptil dan amfibi) yang muncul di Zaman Devon berkembang pesat pada Zaman Karbon. terjadi pembentukan pegunungan.perkembangan flora juga pesat.
• Zaman Perm : adanya kuimpulan kehidupan paleozoikum akhir seperti Trilobit, Tetracoral, Fusulina, Tabulata, Blastodia, Cephalopoda.

Masa Mesozoikum
• Zaman Trias : banyak terjadi perubahan terutama pada jenis fauna vertebrata maupun invertebrata. untuk vertebrata khusunya reptilian seperti Rutiodon yang semula hidup di air menjadi hidup di lingkungan darat.
• Zaman Jura : dinosaurus tumbuh dalam ukuran besar. burung sejati pertama (Archaeopteryx) berevolusi dan banyak jenis buaya berkembang. tumbuhan koniver juga berkembang. PANGEA pecah dimana Amerika Utara memisahkan diri dari Afrika, sedangkan Amerika Selatan memisahkan diri adri Antartika an Australia.
• Zaman Kapur : ditandai dengan adanya daur pengendapan susut laut (benua terangkat) - genang laut (benua tenggelam) - sust laut (benua terangkat kembali). Pada zaman ini India terlepas jauh menuju Asia dan merupakan zaman berakhirnya kehidupan binatang-binatang raksasa.

Masa Kenozoikum
• Zaman Tersier : terjadi perkembangan jenis kehidupan seperti primata dan burung tak bergigi berukuran besar seperti burung unta, fauna laut seperti ikan, molusca, dan Echinodermata sangat mirip dengan fauna laut yg hidup sekarang. tumbuhan berbunga terus berevolusi menghasilkan banyak variasi tumbuhan. Pada zaman tersier - kuarter terjadi kepunahan dan pemunculan hewan dan tumbuhan saling bergantian seiring dengan perubahan cuaca global.
• Zaman Kuarter : zaman kuarter terdiri dari dua zaman yaitu pleistosen dan holosen. zaman pleistosen terjadi zaman es (zaman glasial), sebagian besar Eropa, Amerika Utara, Asia bagian Utara, peg. Alpen , peg. Himalaya, peg. Cherpatia tertutup es. Diantara zaman es ada zaman interglasial yang memiliki iklim lebih hangat. Manusia purba Jawa (Homo Erektus disebut juga Pithecantropus Erektus) muncul di zaman Plesitosen. Zaman Holosen, muncul manusia moderen dengan peradaban baru. Flora dan fauna pada kala pleistosen mirip dengan yang ada sekarang.
Powered by Blogger.