Hewan Vertebrata dan Avertebrata - Kelinci dan Siput (Halaman 42)

Hewan Vertebrata dan Avertebrata - Kelinci dan Siput



Berdasarkan struktur tubuhnya hewan  terbagi menjadi 2 kelompok besar yaitu vertebrata dan avertebrata.  Vertebrata adalah kelompok ewan yang memiliki tulang belakang dan avertebrata adalah kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Ciri khas hewan vertebrata yaitu memiliki tulang blakang yang berfungsi untuk menopang berat badan hewan tersebut.

Kelinci termasuk hewan vertebrata, sedangkan siput merupakan hewan avertebrata. Hewan avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Adapun ciri-ciri hewan avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan syarafnya berada di perut, memiliki rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka. Contoh hewan avertebrata lainnya adalah siput, serangga, cacing, ubur-ubur, cumi-cumi, dan lain-lain.

Salah satu ciri makhluk hidup yaitu dapat bergerak atau berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Sistem gerak yang terdapat pada Vertebrata dan Avertebrata memiliki fungsi yang sama yaitu berhubungan dengan bentuk rangka dan tubuh hewan, walaupun hewan tersebut berpindah tempat dengan cara yang berbeda satu sama lain.

Temukan perbedaannya!




Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui bahwa kelinci termasuk hewan vertebrata. Lalu bagaimana dengan siput? Siput merupakan hewan avertebrata. Hewan avertebrata merupakan hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Adapun ciri-ciri hewan avertebrata lainnya antara lain biasanya susunan syarafnya berada di perut, memiliki rangka luar, dan otaknya tidak terlindungi oleh rangka. Contoh hewan avertebrata adalah siput, serangga, cacing, uburubur, cumi-cumi, dan lain-lain. 





Powered by Blogger.