Terompah Panjang atau Bakiak (Halaman 101)

Terompah Panjang atau Bakiak


Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang segar yaitu dengan melakukan permainan tradisional seperti “Terompah Panjang (Bakiak)”. Dan salah satu manfaat dari permainan ini adalah membuat tubuh jadi lebih segar. Untuk mendapatkan tubuh yang segar, dalam permainan ini mengutamakan kerja sama atau kekompakan dari setiap kelompok.

Salah satu permainan tradisional Indonesia yang sangat menarik adalah permainan bakiak. Permainan ini berasal dari Sumatera Barat. Bakiak, atau biasa disebut Terompa Bakuak di Sumatera Barat merupakan permainan yang membutuhkan kekompakkan. Bakiak adalah sejenis sandal yang telapaknya terbuat dari kayu yang ringan dengan pengikat kaki terbuat dari ban bekas yang dipaku dikedua sisinya.

Keterampilan lokomotor yang akan dilatih dalam permainan Bakiak adalah Jalan. Siswa diharapkan berjalan dengan sikap tubuh tegak serta mengayunkan kaki dengan tegas dan bertenaga.. Bakiak dapat dibuat sendiri menggunakan potongan kayu sebagai alas dan lembaran karet dari ban dalam bekas sebagai penahan/penjempit telapak/jarijari kaki. Panjang kayu bervariasi tergantung pada jumlah pemain.

Jumlah pemain Bakiak paling sedikit 3 hingga 10 pemain. Karena semakin banyak anggota yang memainkan sepasang Bakiak, maka tingkat kesulitan akan semakin tinggi dan memerlukan kerjasama dan kekompakan yang semakin tinggi pula. Sebelum melakukan permainan bakiak, kamu harus memperhatikan hal berikut.

  1. Buatlah kelompok yang terdiri atas 3 orang.
  2. Masukkan masing-masing kaki ke dalam tali bakiak.
  3. Anggota ke dua memegang bahu anggota di depannya. Anggota ke tiga memegang bahu anggota di depannya.
  4. Anggota paling depan memberi tanda kapan berjalan dan kapan berhenti.
  5. Diskusikan kaki mana yang akan diangkat terlebih dahulu, kaki kanan atau kaki kiri.
  6. Untuk menjaga kekompakkan, semua anggota bisa berteriak saat berjalan: kiri, kanan, kiri,...
  7. Cobalah berkali-kali permainan ini dengan kelompokmu sampai terasa gerakan yang semakin baik dan kompak.
  8. Kelompok yang pertama mencapai garis akhir adalah pemenangnya. Setelah bermain bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu.



Setelah bermain bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu.

1. Apakah kelompokmu berhasil mencapai tujuan tepat waktu? Mengapa?


2. Bagaimana pengaruh gerak yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan?


3. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat bermain bakiak?


4. Bagaimana sikapmu terhadap teman satu kelompok saat bermain bakiak?



Dalam kelompok terdiri dari beberapa anggota yang memiliki kemampuan beragam. Namun hal tersebut tidak menghalangi kita untuk tetap bekerja sama. Saling menghargai perbedaan dalam bekerja sama akan membantu tim mencapai tujuan.

SumberBuku Tematik Kelas 4 Tema 1 Revisi 2017

Powered by Blogger.