Teori Penciptaan Planet Bumi



Teori Kabut Gas (Nebula)

Teori Kabut/ bola Gas oleh Immanuel Kant
Inti Teori : tata surya berasal dari bola gas bersuhu tinggi dan berputar lambat sehingga terjadi konsentrasi (pemusatan) zat bermasa jenis tinggi, kemudian mendingin dan menjadi matahari, sedangkan yang kecil-kecil disekelilingnya menjadi planet.

Teori Nebula oleh Pierre Simon de Laplace
Inti Teori : tata surya berasal dari bola gas (nebula) bersuhu tinggi dan berputar cepatsehingga menyebabkan materi terlempar. Materi yang terlempar mengalami pendinginan dan membentuk planet, sedang pusatnya menjadi matahari.

Teori Planetisimal

Dikemukakan oleh Chamberlein dan Multon Inti Teori : tata surya berasal dari dua bintang yang
saling berpapasan sehingga terjadi tarik menarik antar bintang yang meninggalkan
gumpalan gumpalan (planetisimal) diangkasa yang kemudian membeku menjadi planet.


Teori Pasang Surut

Dikemukakan oleh Jeans dan Jeffres
Inti Teori : tata surya berasal dari dua bintang yang saling bersimpangan sehingga menimbulkan pasang yang mirip cerutu pada permukaan bintang yang mengelilingi salah bintang dan pecah menjadi butiran kecil, kemudian mendingin menjadi planet.


Teori Awan Debu (Protoplanet)


Dikemukakan oleh Weizsaeker disempurnakan Kuiper

Inti Teori : tata surya berasal dari awan gas dan debu yang saling tarik menarik hingga membentuk gumpalan besar, kemudian mengalami gerak pilin membentuk cakram yang tebal di bagian tengah. Yang tengah jadi matahari, yang pinggir jadi planet.

Teori Bintang Kembar
Dikemukakan oleh Lyttleton

Inti Teori : tata surya berasal dari dua bintang yang salah satu bintang meledak, karena gravitasi bintang yang tidak meledak, materi pecahan tertarik dan mengelilinginya. Bintang yang tidak meledak jadi matahari, pecahan bintang menjadi planet.

Sumber : https://starofgeography.blogspot.com/
Powered by Blogger.