Teks Pidato tentang Ibu Kartini (Halaman 16)

Apa yang kamu ketahui tentang Ibu Kartini? Amatilah bacaan teks pidato berikut.


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Yang saya hormati teman–teman dan para hadirin semua.
Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi kita semua. Tanggal 21 April adalah momen yang harus selalu kita syukuri. Kita mengenang perjuangan seorang pahlawan di masa lalu yang berusaha menjadikan perempuan mempunyai hak yang sama dengan kaum laki–laki.

Puji syukur marilah senantiasa kita ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia dan kesehatan sehingga kita masih dapat memperingati dan memaknai peringatan Hari Kartini tahun ini. Kita semua tahu, bahwa sosok R.A. Kartini memang sosok yang sangat mulia dengan kesabaran dan keteguhannya berjuang untuk harkat kaum wanita dan pendidikan Indonesia.

Semangat dan ketekunan Ibu Kartini akhirnya membuahkan hasil. Beliau sukses mendirikan sebuah sekolah wanita dan mengajarkan ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan untuk meningkatkan peran wanita.

Hari Kartini diperingati setiap tahun. Sebaiknya, kegiatan ini bukan hanya sebagai seremonial, namun kita harus memaknai peringatan Hari Kartini. Dengan memahami makna Hari Kartini, para wanita Indonesia terus berupaya meningkatkan perannya demi kemajuan bangsa dan negara tanpa melupakan kodratnya sebagai seorang wanita.


RA Kartini

---

Bacalah teks pidato di atas.
Identifikasi info-info berikut.
  • Pembicara pidato: siswa
  • Pendengar pidato: siswa
  • Tempat pidato : sekolah
  • Suasana saat disampaikan pidato: hening
  • Poin-poin penting isi pidato:

1. Salam
2. Pembukaan
3. Ucapan syukur
4. Peran R.A. Kartini
5. Harapan dengan dilaksanakan peringatan Hari Kartini
6. Penutup
7. Salam.


Konsep Pidato.

Pada Pembelajaran 1, kamu telah membuat konsep pidato berdasarkan bacaan. Sekarang, buatlah konsep pidato dengan menuliskannya dalam bentuk skema seperti berikut.






Powered by Blogger.