Sumber Energi dan Pemanfaatannya (Halaman 25)

Sumber Energi dan Pemanfaatannya

Hak dan Kewajiban terhadap Sumber Energi

Sumber-sumber energi yang ada di Indonesia yang menyangkut kepentingan orang banyak dikelola oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran atau kesejahteraan rakyat. Contohnya minyak bumi, batu bara, gas, dan air. Setiap warga negara juga memiliki kewajiban untuk memanfaatkannya dengan bijak dan hemat. 

Berikut hak dan kewajiban setiap warga negara terhadap sumber energi dan pemanfaatannya. 

1. Kewajiban terhadap Sumber Energi

Setiap orang memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang besar terhadap lingkungan, dan sumber energi. Setiap aktivitas manusia memiliki pengaruh yang besar terhadap lingkungan. Manusia dan lingkungan memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lain. Artinya, apa yang dilakukan manusia akan berpengaruh kepada alam. Oleh karena besarnya pengaruh manusia terhadap alam, maka manusia berkewajiban menjaga alam dengan baik. 



Berikut kewajiban manusia dalam menggunakan sumber energi dalam kehidupan sehari-hari. 
a. Menghemat energi dengan menggunakannya seperlunya. 
b. Memanfaatkan teknologi dan peralatan yang ramah lingkungan. 
c. Menjaga dan melestarikan alam untuk menjaga ketersediaan sumber energi. 
d. Melakukan reboisasi untuk menjaga ketersediaan sumber air. 
e. Menggunakan energi alternatif seperti energi angin, air, atau matahari untuk menggantikan energi yang tidak dapat diperbarui. Jika semua kewajiban telah kita tunaikan, sudah sepantasnyalah kita memperoleh hak kita.

2. Hak Memanfaatkan Sumber Energi

Setiap orang memiliki hak yang sama untuk menggunakan energi agar dapat menunjang kegiatannya sehari-hari. Untuk hal-hal tertentu setiap orang pun berhak mengelola energi. Hak mengelola energi diperbolehkan selama tidak melanggar undang-undang dan merugikan orang lain.


Jika hak dan kewajiban terhadap sumber energi telah dijalankan dengan baik, manfaat sumber energi pun dapat kita rasakan dengan baik pula.


Penggunaan Energi dalam Kegiatan Sehar-hari

Bersama temanmu, coba identifikasi perbuatan orang-orang di sekitarmu berkaitan dengan penggunaan energi dalam kegiatan sehari-hari. 




Powered by Blogger.