Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui dan yang Tidak Dapat Diperbaharui (Halaman 7)


Bacalah teks berikut untuk menambah pemahamanmu tentang sumber daya alam.

Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui 
dan yang Tidak Dapat Diperbaharui


Indonesia memiliki sumber daya alam berlimpah. Disebut sumber daya alam karena berasal dari alam. Penduduk Indonesia dapat menikmati sumber daya alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Laut Indonesia terkenal karena ikannya. Lahan yang subur menghasilkan padi, jagung serta tumbuhan lainnya yang sangat berguna bagi penduduk. Gas bumi, minyak serta logam banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Sumber daya alam terbagi dua. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber alam yang tidak dapat diperbaharui. Sebagai anak Indonesia, kamu harus tahu apa yang termasuk ke dalam keduanya, dan apa dampaknya apabila kita kekurangan keduanya. Penggunaan sumber daya alam berlebihan akan memengaruhi kehidupan manusia. Kita harus menghemat penggunaannya.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui misalnya; tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, dan air. Sumber tersebut termasuk kelompok sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena terus tersedia dan dapat kita kelola untuk kita perbanyak jumlahnya. Jumlah sumber daya alam ini sangat berlimpah. Agar sumber daya alam ini tetap tersedia, kita harus menggunakannya dengan bijak dan melestarikannya. Sumber daya alam ini sangat penting untuk dijaga keberadaannya.

Minyak bumi, emas, besi, dan berbagai tambang termasuk ke dalam kelompok sumber daya alam tidak dapat diperbaharui. Mengapa demikian? Karena jumlahnya sangat terbatas. Untuk menghasilkan minyak bumi diperlukan waktu yang sangat lama. Oleh sebab itu, kita harus hemat menggunakan sumber daya alam ini.

Setelah memahami sumber daya alam, jawablah pertanyaan berikut!

1. Berdasarkan teks, berikanlah masing-masing 3 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui.


2. Berilah 3 contoh lain (di luar teks) sumber daya alam yang dapat dan tidak dapat diperbaharui.

3. Berikanlah contoh kegiatan ekonomi yang memanfaatkan kedua jenis sumber daya alam tersebut.

  • Konstruksi (pembangunan perumahan). Ketika membangun rumah kita membutuhkan semen, pasir, lantai keramik, rangka besi, baja ringan dan kabel listrik. Sumber daya alam di atas adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Bila batu kapur sebagai bahan semen, bijih besi bahan rangka dan batu granit sebagai bahan keramik habis, kita tidak bisa lagi memperbanyak atau meremajakan sumber daya alam ini. Membangun rumah juga memerlukan kayu untuk pintu dan jendela. Berbeda dengan jenis sumber daya alam sebelumnya, sumber daya alam dapat diperbaharui karena kita bisa menanam kembali pohon baru sebagai sumber kayu yang digunakan.
  • Pertanian merupakan bentuk usaha mengolah tanah dan menanaminya dengan berbagai jenis tanaman, mengolah sumber daya alam yang dapat diperbaharui, seperi bibit padi dan benih ikan. Kita menggunakan minyak bumi sebagai bahan bakar alat pertanian, seperti traktor. Minyak bumi ini adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan bila habis akan tidak bisa diambil lagi. 
  • Perikanan dibedakan menjadi dua, yakni perikanan laut dan perikanan darat. Perikanan laut merupakan bentuk usaha menangkap sumber daya alam yang ada yang ada di laut misalnya ikan laut. Dalam kegiatan ekonomi perikanan, memerlukan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui misalnya bahan bakar minyak untuk kapal penangkap ikan.
Masih banyak kegiatan ekonomi yang lain misalnya:
  • Perkebunan dapat dibedakan menjadi dua yakni perkebunan di dataran rendah dan perkebunan di dataran tinggi. 
  • Peternakan merupakan usaha memelihara hewan untuk dikonsumsi sendiri ataupun dijual. 
  • Kerajian merupakan usaha membuat suatu barang dengan ketrampilan tertentu. Bahan-bahan mengolah sumber daya alam menjadi barang yang lebih berguna dan menarik.
  • Perindustrian merupakan usaha mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi. Perindustrian mengolah bahan-bahan baku yang berasal dari sumber daya alam yang ada.
  • Pertambangan merupakan usaha ekonomi yang mengambil sumber daya alam dari dalam perut bumi. Memanfaatkan hasil tambang.
  • Jasa merupakan bentuk usaha ekonomi yang memberikan pelayanan baik tenaga, pikiran maupun keahlian tertentu. Contohnya jasa pengangkutan hasil-hasil produksi pertanian. Jasa pengangkutan membutuhkan bahan bakar dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui.


4. Tulislah pendapatmu tentang kegiatan ekonomi tersebut. Apa saja dampaknya bagi kelastarian sumber daya alam tersebut? Apa yang harus dilakukan agar sumber daya alam tetap lestari?



Penggunaan sumber daya alam yang berlebihan akan berdampak negatif terhadap kehidupan manusia.



Powered by Blogger.