Perubahan Energi (Halaman 50)

Banyak sumber energi di sekitar kita. Kesemuanya memiliki banyak manfaat untuk menunjang kehidupan manusia. Berbagai sumber energi dapat memberikan manfaat secara maksimal bagi manusia jika diolah dengan baik.

Contoh pemanfaatan sumber daya energi dan perubahan energi (gas menjadi panas) bagi manusia adalah penggunaan gas LPG. Gas LPG diperoleh dari pengolahan dan penyaluran gas alam. Gas tersebut berubah menjadi energi panas sehingga dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk memasak. 

Seperti yang telah kita ketahui, energi merupakan kemampuan suatu benda untuk melakukan usaha atau kerja. Energi pun dapat berubah bentuk menjadi energi lainnya. 

Penggunaan LPG untuk memasak

Nah sekarang, tuliskan sumber-sumber energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi saat melakukan kegiatan-kegiatan seperti contoh di bawah ini.

Contoh Perubahan Energi

Carilah contoh pemanfaatan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari.


Perubahan energi gerak menjadi listrik misalnya pembangkit listrik tenaga air atau pembangkit listrtik tenaga angin. 

Perubahan energi listrik menjadi energi panas. Misalnya pada setrika listrik. Saat kabel setrika diberi aliran listrik, seketika itu energi listrik berubah menjadi energi panas. Peristiwa yang sama juga terjadi pada kompor listrik, penanak nasi listrik (rice cooker), dan pemanas listrik lainnya.


Perubahan energi listrik menjadi gerak. Perubahan energi lainnya adalah perubahan energi listrik menjadi gerak. Saat menggunakan alat elektronik yang berputar/bergerak, peristiwa tersebut terjadi perubahan energi listrik menjadi gerak. Misalnya kipas angin, blender dan motor atau mobil listrik.


Perubahan energi kimia menjadi panas. Contoh perubahan energi lainnya adalah perubahan energi kimia menjadi panas. Misalnya pada kompor minyak tanah. Sebelum digunakan kompor diisi dengan minyak tanah terlebih dahulu. Lalu minyak dinyalakan dengan api. Maka timbullah panas. Dengan energi panas itu kita bisa memasak nasi, memasak air, menggoreng ikan, dan lain-lain.


Perubahan energi gerak menjadi bunyi. Perubahan energi gerak menjadi bunyi contohnya adalah saat seseorang memainkan alat musik. Seorang pemain drum menggunakan energi geraknya untuk membunyikan drum. Atau pemain gitar menggerakkan jari-jarinya untuk menekan dan memetik senar gitar agar mengeluarkan bunyi.


Sumber: Buku Tematik Kelas 4 Tema 9.
Powered by Blogger.