Latihan Soal dan Pembahasan UAS Genap IPS SMP Kelas VIII


1.Perhatikan ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia berikut:
1.    terdapat perjuangan jalur diplomacy
2.    perjuangan bersifat kedaerahan
3.    perjuangan digerakkan oleh golongan terpelajar
4.    menggantungkan perjuangan pada satu pemimpin
5.    perjuangan bersifat nasionalis
6.    terdapat politik devide et impera

Yang merupakan ciri-ciri perjuangan sebelum tahun 1908 atau abad XX adalah ….

A.1), 2), dan 3)

B1), 3), dan 5)

C.2), 3), dan 6)

D.4), 5), dan 6)

Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar:C
2), 3), dan 6)

Ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum Tahun 1908 atau sebelum abad ke-20, antara lain:
  1. Kurang adanya persatuan
  2. Perjuangannya masih bersifat kedaerahan
  3. Senjata yang dimiliki para pejuang Indonesia masih sangat sederhana
  4. Perlawanan rakyat masih sangat bergantung pemimpin

Ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia sesudah tahun 1908 atau sesudah abad ke-20 antara lain
  1. Perjuangan sudah bersifat nasional
  2. Pimpinan perjuangan ditentukan berdasarkan kemauan, kemampuan, kecerdasan dan ketrampilan (rasional), tidak lagi berdasarkan kharisma.
  3. Perjuangan berkesinambungan, walaupun pimpinan perjuangan tertangkap atau meninggal, pimpinan perjuangan dapat diganti setiap saat.
  4. Perjuangan diatur dan dikendalikan oleh organisasi modern sebagai wadah dan alat perjuangan.
  5. Cita-cita perjuangan sangat jelas yaitu terwujudnya bangsa dan negara Indonesia, tidak untuk kepentingan pribadi/golongan.
2.Indonesia memiliki kekayaan laut sebesar ¾ bagian dibandingkan dengan luas daratannya, hal ini menjadikan Indonesia memiliki kekayaan laut atau maritim yang sangat besar. Namun pada kenyataannya justru Indonesia belum mampu memaksimalkan kekayaan maritim yang dimilikinya untuk mendapatkan pendapatan nasional bagi Indonesia. Faktor yang menyebabkan Indonesia belum mampu memaksimalkan potensi ekonomi maritimnya adalah ….

A.fasilitas perkapalan yang belum maksimal

B.kualitas sumber daya manusia yang belum memadai

C.masyarakat cenderung berdikap apatis terhadap perubahan

D.banyaknya masyarakat yang bekerja di luar sektor kelautan

Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar:A
fasilitas perkapalan yang belum maksimal

Ekonomi kelautan adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan di wilayah pesisir dan lautan serta di darat yang menggunakan sumber daya alam (SDA) dan jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa. Sedangkan ekonomi maritim merupakan kegiatan ekonomi yang mencakup transportasi laut, industri galangan kapal dan perawatannya, pembangunan dan pengoperasian pelabuhan beserta industri dan jasa terkait. Ada beberapa sektor yang ada dalam lingkup ekonomi maritim di Indonesia, yaitu sektor pelayaran, sektor perikanan, dan sektor pariwisata bahari.
  • Sektor pelayaran, Meskipun Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar, industri pelayaran Indonesia masih memiliki banyak tantangan untuk dihadapi. Kondisi pelayaran di Indonesia belum maksimal dalam meningkatkan perekonomian negara. Selain karena fasilitas kapal angkut yang belum memadai, sistem pelabuhan di Indonesia juga harus terus diperbaiki.

  • Sektor perikanan, merupakan salah satu sektor yang cukup berkembang. Kementerian Kelautan dan Perikanan juga sudah mengadakan gerakan makan ikan, dengan harapan adanya peningkatan yang konsisten di sektor perikanan dan semakin populernya ikan sebagai bahan makanan di Indonesia.
  • Sektor wisata bahari, Jika pariwisata bahari di Indonesia dapat dimaksimalkan, maka akan menimbulkan banyak dampak positif seperti terserapnya lapangan pekerjaan, meningkatnya minat investor di bidang pariwisata, dan meningkatkan devisa negara dengan masuknya wisatawan asing. Salah satu contoh pariwisata bahari adalah Raja Ampat, Papua. Akan tetapi, sektor pariwisata bahari juga belum dikembangkan dengan maksimal.

3.Selain perkembangan teknologi yang harus dikembangkan dalam memproduksi suatu barang, berikut ini yang termasuk ke dalam dua elemen penting lainnya dalam meningkatkan hasil produksi sehingga meningkatnya pendapatan nasional adalah ….

A.sumber daya manusia dan sumber daya alam

B.ekonomi maritime dan agrikultur

C.keuangan dan ketahanan pangan

D.kesehatan dan teknologi

Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar:B
ekonomi maritim dan agrikultur
Untuk pengembangan perdagangan atau tingkat permintaan serta penawaran suatu produk, selain faktor keunggulan teknologi diperlukan pula penguatan ekonomi maritim dan agrikultur untuk Indonesia. Pengembangan di dua sektor tersebut akan meningkatkan pendapatan nasional. Pendapatan yang diperoleh suatu negara akan didistribusikan kembali untuk kepentingan masyarakat baik di bidang ekonomi, sosial, maupun budaya yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

4.Pelaksanaan sistem sewa tanah memiliki pengaruh yang sangat merugikan pula bagi masyarakat Indonesia. Berikut ini adalah kebijakan-kebijakan yang diterapkan dari sistem sewa tanah adalah ….

A.masyarakat desa belum mengenal uang

B.sulit menentukan besar kecilnya pajak

C.petani harus membayar sewa tanah meskipun tanah miliknya

D.sulit menentukan luas dan kesuburan tanah

Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar:C
seluruh tanah dianggap menjadi milik pemerintah
Sistem sewa tanah atau landrent-system adalah kebijakan yang diterapkan pada masa pemerintahan Thomas Stamford Raffles. Bagi Raffles seluruh tanah di Hindia Belanda merupakan tanah milik raja yang berdaulat. Orang yang ingin memiliki tanah harus menyewa dari pemerintah dengan membayar pajak tanah yang disebut sewa tanah. Besarnya pajak tergantung pada kesuburan tanah dan harus dibayar menggunakan uang. Kalau tidak, dapat dibayar menggunakan padi. Raffles menetapkan pajak tanah sebesar 2/5 dari hasil panen.

5.Kedatangan bangsa Belanda pawa mulanya diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia, karena awal mula maksud Belanda saat itu adalah ingin menjalin kerjasama dengan Indonesia dalam bidang ekonomi. Namun pada kenyataannya justru membuat masyarakat Indonesia sengsara, kemunculan VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) yang merupakan merger atau penggabungan dari beberapa perusahaan dagang Belanda.  Salah satu tujuan didirikannya VOC di Indonesia adalah untuk memonopoli perdagangan, salah satu dampak dari bentuk monopoli perdagangan yang dilakukan Belanda bagi masyarakat Indonesia adalah ….

A.rakyat Indonesia menjadi sejahtera

B.rakyat Indonesia menderita

C.pendapatan Nasional Indonesia meningkat

D.Belanda menjadi rugi

Pembahasan Soal:
Jawaban yang benar:B
rakyat Indonesia menderita
VOC merupakan kongsi dagang milik Belanda yang pernah berkuasa di Indonesia. VOC memiliki hak-hak istimewa yang dikenal sebagai hak oktroi. Salah satu isi dari hak istimewa tersebut adalah memonopoli perdagangan. Monopoli perdagangan tersebut diterapkan melalui perdagangan rempah-rempah. Rempah-rempah yang didapatkan di Indonesia dengan harga murah kemudian dijual kembali kepada bangsa Eropa lainnya dengan harga yang sangat tinggi. Rakyat Indonesia tidak jarang dipaksa untuk menjual rempah-rempahnya hanya kepada bangsa Belanda serta dengan harga yang murah. Keadaan inilah yang menyebabkan muncul penderitaan rakyat Indonesia.
Powered by Blogger.