Tokoh Penjelajah Angkasa Luar (Halaman 196)

Tokoh Penjelajah Angkasa Luar


Yuri Gagarin adalah seorang astronaut yang berasal dari Rusia. Ia adalah orang pertama yang pergi ke angkasa luar dan masuk ke orbit Bulan pada tahun 1961. 



Dr. Pratiwi Sudarmono adalah wanita Indonesia pertama yang lolos seleksi NASA untuk menjelajah angkasa luar. Sedianya ia akan diberangkatkan sebagai kru spesialis dalam peluncuran satelit Indonesia, yakni Palapa B3. Namun sayang, pada tahun 1986 pesawat ulang alik Challenger meledak dalam penerbangannya. Oleh karena itu, NASA membatalkan penerbangan dan Palapa B3 diluncurkan tanpa kehadiran astronaut Indonesia.




Setelah membaca keterangan singkat tentang kegiatan para ilmuwan untuk menjelajah angkasa luar di atas, buatlah beberapa pertanyaan tentang segala hal yang ingin kamu ketahui tentang kehidupan para astronaut. Buatlah paling sedikit tiga pertanyaan untuk didiskusikan dengan teman sekelasmu seperti contoh berikut.
  1. Bagaimana para astronaut makan di luar angkasa?
  2. Bagaimana para astronaut tidur  di luar angkasa?
  3. Bagaimana para astronaut mandi di luar angkasa?
  4. Bagaimana para astronaut memasak di luar angkasa?
  5. Bagaimana para astronaut buang air kecil dan buang air besar di luar angkasa?
  6. Bagaimana para astronaut berolahraga di luar angkasa?
  7. Bagaimana para astronaut mendapatkan pengobatan jika sakit di luar angkasa?
  8. Bagaimana para astronaut mendapatkan hiburan di luar angkasa?

Ayo Cari Tahu

Cari tahu penemuan-penemuan apa saja yang telah dilakukan sebelum mengirim manusia ke angkasa luar. Hal-hal yang berhubungan dengan segala sesuatu yang diperlukan agar para astronaut itu bisa hidup dan beraktivitas di angkasa luar dan kembali ke Bumi dengan selamat. Gunakanlah tabel yang ada di bawah ini untuk membantumu. Lihatlah contoh yang telah dibuatkan untukmu.

Kegiatan atau kebutuhan dasar para Astronaut

Bagaimana para astronaut makan?
  • Makanan dan minuman berupa kemasan agar tidak rusak dan tersimpan jangka waktu yang lama. 
  • Makanan di taruh di atas nampan dan dibungkus dengan jaring-jaring agar tidak melayang kemana-mana.

Bagaimana para astronaut tidur?
  • Tidur di ruang tidur dengan kantong tidur dan mengikat tubuhnya agar tidak melayang. 
  • Menggunakan penutup mata dan penutup telinga agar tidur nyenyak di antara suara mesin pesawat yang bising.

Bagaimana para astronaut mandi?
  • Menggunakan kantong plastik air dan busa basah untuk membasuh badan. 
  • Untuk menghindari percikan air melayang di udara, kamar mandi dibuat khusus agar dapat menyedot gumpalan air tersebut.

Bagaimana para astronaut keramas?
  • Keramas tetap memakai air, shampo yang tidak mengeluarkan busa, handuk dan sisir. 
  • Air berasal dari kantong ari dan berupa gumpalan. Astronaut mengeluarkan gumpalan air dari kantong dan mengolesnya ke kulit kepala. Shampo dioleskan ke kulit kepala dan rambut digosok. Jika rambut sudah bersih, dapat dibasuh kembali dan dikeringkan dengan handuk.

Bagaimana para astronaut memasak?
  • Bahan-bahan memasak sudah tersedia saat dibawa dari Bumi. 
  • Pisau atau benda-benda tajam lainnya tidak bisa diletakkan sembarangan karena bisa melayang dan melukai tubuh. 
  • Memasak dibuat lebih mudah dengan diberi air panas dengan sambungan air panas tertentu yang disiapkan dengan tombol tertentu, tekan tombol  dan masakan matang.

Bagaimana Astronaut buang air kecil dan buang air besar?
  • Untuk buang air kecil, disediakan sebuah selang khusus agar tidak berceceran. Urine (air kencing) diproses atau didaur ulang secara canggih agar bisa diminum kembali
  • Untuk buang air besar, toilet di stasiun luar angkasa sudah dirancang agar bisa menghisap limbah dan memasukkannya ke wadah penyimpanan, yang akan di buang ke luar angkasa.


    Bagaimana para astronaut berolahraga?

    Para astronaut membutuhkan latihan untuk menjaga otot dan tulang mereka agar tetap kuat. Di bumi, manusia selalu bergerak dengan melawan gravitasi dengan otot dan tulang mereka, kecuali pada saat mereka tidur. Di luar angkasa, manusia tidak perlu menggunakan tenaga untuk melawan gaya gravitasi. Ini menyebabkan otot dan tulang manusia menjadi semakin lemah..

    Bagaimana para astronaut mendapatkan pengobatan jika sakit?

    Astronaut yang telah dibekali kemampuan pengobatan akan mengobati astronaut yang sakit. Setiap astronaut di pesawat luar angkasa memiliki tugas khusus. Masing-masing telah dibekali pelatihan yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas tersebut. Untuk pertolongan kesehatan, Tim Bagian Kesehatan adalah kelompok yang diberikan tugas tersebut.

    Bagaimana para astronaut mendapatkan hiburan?

    Hiburan. Para astronautt menghabiskan waktu luang mereka untuk membaca buku favorit mereka, mendengarkan musik, atau memandangi bumi.


    Apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi seorang astronaut?



    Kehidupan di angkasa luar sangat memerlukan kerja sama baik antar anggota di dalam misi angkasa luar maupun dengan tim yang ada di Bumi. Setiap keputusan diambil bersama untuk memastikan semua rencana dapat dilaksanakan dengan baik.

    Sumber: Buku Tematik Kelas 6 Tema 9

    Powered by Blogger.