Mahfud Berharap Persatuan dan Kesatuan Kembali Terajut (Halaman 49)

5. Carilah satu berita utama tentang peristiwa yang terjadi di Indonesia. Berita utama tersebut berkaitan dengan persatuan dan kesatuan bangsa. Bacalah berita utama tersebut dengan saksama. Diskusikan dengan teman sebangkumu tentang makna persatuan dan kesatuan yang ada di dalam berita utama tersebut.

Contoh:

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengajak masyarakat segera merajut kembali persatuan dan kesatuan pasca-Pemilu 2019. Menurutnya ada gejala keretakan persatuan di antara sesama anak bangsa karena perbedaan pilihan.


"Untuk berdoa agar riak-riak yang mengancam atau nampaknya agak mencemaskan meskipun tidak terlalu mengkhawatirkan tetapi agak mencemaskan ini, segera terajut kembali dan tidak berlanjut sesudah Pemilu tanggal 17 April," kata Mahfud di Jakarta, Ahad (31/3).

Dia mengatakan di masa sebelum pencoblosan terlihat banyak perselisihan menyangkut pilihan politik. Hal itu wajar terjadi dalam demokrasi asalkan dikelola dengan baik.

Menurutnya, erekatan bangsa Indonesia begitu kuat sejak masa lalu. Hal itu seharusnya menjadi modal agar masyarakat dapat semakin dewasa dalam mengelola perbedaan itu agar tidak berlarut-larut.

"Kehebatan Indonesia itu ikatan kebangsaannya yang begitu kuat sehingga bisa mengusir penjajah karena kuat bersatu dalam ikatan kebersamaan, berdasarkan Pancasila," kata dia.

Untuk itu, Mahfud mengajak masyarakat agar bisa tetap menjaga  persatuan dan kesatuan bangsa meski menghadapi pilihan yang berbeda dalam Pemilu.

Sumber: Republika
Powered by Blogger.