Percobaan: Komponen Listrik pada Senter (Halaman 4)

Percobaan: 
Komponen Listrik pada Senter 

Bongkarlah senter yang kamu miliki! Amati komponen-komponen yang terdapat pada senter, seperti berikut ini:






Jika komponen-komponen utama tersebut dirangkaikan untuk membuatnya kembali menyala, maka akan tampak seperti berikut.


Jika kepala senter dibongkar, kemudian dirangkaikan kembali hanya dengan menggunakan lampu, maka akan tampak seperti berikut.



Amati rangkaian listrik sederhana pada lampu senter tersebut dengan teliti! Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman!

1. Bagaimana posisi lempengan logam untuk membuat lampu menyala?

Dalam suatu rangkaian elektronik yang terdapat lampu dan sumber tegangan di dalamnya, rangkaian harus dipasang sebagai rangkaian tertutup supaya lampu menyala. Lampu akan menyala jika ada arus yang cukup yang mengalir ke lampu melalui bahan konduktor. Lempengan logam adalah salah satu konduktor yang baik. Dalam hal ini, bila lempengan logam yang dimaksud adalah lempengan pada saklar atau switch, maka posisi lempengan logam dalam saklar ini harus saling bersentuhan supaya dapat mengalirkan arus listrik ke lampu.

2. Apa komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam tersebut, yang biasanya terdapat pada rangkaian lampu di rumah?

Komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam yang biasanya terdapat pada rangkaian lampu dirumah adalah tembaga.
Tuliskan proses perjalanan arus listrik pada rangkaian listrik senter tersebut secara rinci dan berurutan! Kamu dapat menggunakan informasi pada buku atau sumber lain untuk membantumu menemukan jawaban!

Proses perjalanan arus listrik pada rangkaian listrik senter

  1. Dari baterai arus mengalir melalui lempengan logam atau kabel menuju saklar atau switch
  2. Dari saklar atau switch, listrik akan langsung mengalir menuju lampu jika lampu yang digunakan adalah bohlam
  3. Atau menuju resistor kemudian menuju ke lampu jika lampu yang digunakan pada senter adalah LED.
  4. Dari lampu, listrik akan kembali mengalir ke baterai

Rangkaian listrik pada senter terdapat pada baterai yang diletakkan sebaris. Pada rangkaian seri lampu, lampu-lampu juga diletakkan sejajar dalam satu baris. Arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri hanya berada dalam satu aliran kabel yang menghubungkan semua lampu.  




Powered by Blogger.