Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasonal (USBN) SMP/MTs 2019

Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasonal (USBN)

a. Perbedaan UN dan USBN

  • Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.
  • Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut USBN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan yang dilakukan sekolah untuk mata pelajaran tertentu dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.
Perbedaan antara UN dan USBN di antaranya adalah:

  1. UN dilaksanakan secara nasional, sedangkan USBN pelaksanaannya tergantung ketetapan daerah masing-masing.
  2. Soal-soal UN didamaruta oleh pusat (kemdikbud), sedangkan USBN, 20-25% soal didamaruta oleh pusat dan 75-80% didamarutakan oleh tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di tiap daerah.
Soal-soal UN dan USBN dibuat berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Ujian Nasional (UN) dilaksanakan dalam dua macam cara, yaitu Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Syarat sekolah/madrasah yang dapat ditetapkan sebagai pelaksana UNBK, adalah apabila telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. telah terakreditasi;
  2. tersedia sejumlah komputer dan server sesuai kebutuhan; dan
  3. memenuhi persyaratan teknis yang ditetapkan oleh Panitia UN Tingkat pusat.
Jika sekolah/madrasah tidak dapat memenuhi persyaratan tersebut, maka sekolah/madrasah yang bersangkutan akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Kisi-Kisi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasonal SMP/MTs 2019

Kisi-Kisi UN dan USBN SMP/MTS

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN. 

Fungsi Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS)
 
Keberadaan kisi-kisi soal ujian nasional ini tentu sangat penting bagi persiapan siswa Sekolah Menegah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah dalam mengikuti Ujian Nasional yang tinggal beberapa bulan lagi. Bagi guru dapat menjadi pedoman dalam memberikan materi pengajaran dan pendalaman materi sesuai dengan materi ujian, sedang bagi siswa bermanfaat sebagai pedoman dalam belajar mandiri untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian.

1. Kisi-Kisi UN dan USBN SMP/MTs dan SMPLB Tahun Pelajaran 2018/2019

Situs resmi BSNP, kisi-kisi Ujian Nasional SMP/MTs Tahun Pelajaran 2018/2019 terdiri atas 4 mata pelajaran. Keempatnya adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Masing-masing mata pelajaran memiliki lingkup materi sebagai berikut:

1)    Mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan lima lingkup materi yang meliputi:
  • Membaca Non Sastra
  • Membaca Sastra
  • Menulis Terbatas
  • Menyunting Kata Kalimat Paragraf
  • Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
2)    Mata pelajaran Bahasa Inggris, dengan tiga lingkup materi yang meliputi:
  • Fungsi Sosial
  • Struktur Teks
  • Unsur Kebahasaan
3)    Mata pelajaran Matematika, dengan empat lingkup materi yang meliputi:
  • Bilangan
  • Aljabar
  • Geometri dan Pengukuran
  • Statistika dan Peluang
4)    Mata pelajaran Bahasa Indonesia, dengan lima lingkup materi yang meliputi:
  • Pengukuran, Zat, dan Sifatnya
  • Mekanika dan Tata Surya
  • Gelombang, Listrik, dan Magnet
  • Makhluk Hidup dan Lingkungannya
  • Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup
Jumlah dan pembagian lingkup materi dalam kisi-kisi Soal Ujian Nasional SMP/MTs Tahun 2018/2019 ini tidak jauh berbeda kisi-kisi tahun sebelumnya, kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun 2017/2018.

Sedang untuk kisi-kisi Ujian Nasional bagi Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) Tahun Pelajaran 2018/2019 dibedakan bagi ketunaan netra, ketunaan daksa, dan ketunaan rungu. Masing-masing untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam.


2. Download Kisi-Kisi UN SMP/MTs dan SMPLB Tahun 2019 

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Tahun Pelajaran 2018/2019, berikut disampaikan:

Kisi-kisi  USBN dan UN  dapat diunduh di laman:

Sumber:
Kisi-kisi UN 2019

Kisi-kisi USBN-2019

 
Badan Nasonal Standarisasi Pendidikan Indonesia (BNSP) Indonesia

Powered by Blogger.