Alat dan Bahan yang Dipergunakan untuk Membatik (Halaman 110)

Membatik
Keragaman Seni Rupa Daerah 

Keragaman tidak menghalangi sebuah bentuk kerja sama. Malah sebaliknya. Keragaman justru semakin memperkuat kerja sama. Indonesia sangat kaya akan keragaman budaya, antara lain terlihat pada keragaman seni rupa daerahnya. Karya seni rupa daerah yang terdapat di Indonesia antara lain seni batik, ukiran, dan anyaman. Karya seni rupa di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing yang dipengaruhi oleh kreativitas seniman yang membuatnya, budaya daerah setempat, ketersediaan alat dan bahan baku, teknik yang dipakai, fungsi benda yang dibuat, serta unsur keindahan.

Karya seni rupa yang disebutkan di atas merupakan contoh karya seni kriya yang pengerjaannya ditekankan pada keterampilan tangan. Seni kriya batik telah lama dikenal di Nusantara. Cara dan teknik pembuatan batik ternyata memiliki kesamaan di hampir semua wilayah di Indonesia. Yang membedakan adalah pada penggunaan warna serta motif batik tersebut.

Alat dan Bahan Membatik

Alat:
1. Canting
2. Gawangan
3. Dingklik
4. Wajan
5. Kompor

Bahan:
1. Kain Mori
2. Malam/Lilin
3. Zat Pewarna


Teknik Membatik

Teknik pembuatan batik terbagi atas tiga, yakni: 
• Teknik tulis menggunakan canting sebagai alat pembuat motif. 
• Teknik cap menggunakan stempel yang di atasnya sudah berbentuk ragam hias batik 
• Teknik cetak atau sablon

Motif Batik

Berikut adalah beberapa contoh motif batik di nusantara.



Selain memiliki teknik pembuatan batik, motif batik juga menyimpan makna tersendiri. Misalnya motif batik parang rusak yang memiliki makna pertarungan antara manusia melawan kejahatan dengan cara pengendalian diri yang dapat membentuk manusia menjadi mulia dan bijaksana.

Corak Batik Nusantara

Keragaman corak batik Nusantara merupakan kekayaan yang tak ternilai bagi bangsa Indonesia. Corak batik yang beragam motif dan warnanya, tidak hanya menampilkan keindahan dan keunikan tersendiri, tetapi juga sarat dengan makna-makna hidup yang luar biasa. Batik tidak hanya berasal dari satu daerah misalnya Pulau Jawa. Namun, batik juga berasal dari daerah lain dengan ciri khasnya masing-masing seperti batik Bali, batik Kalimantan, batik Minangkabau, batik Toraja, batik Flores, batik Halmahera, dan batik Papua.


Powered by Blogger.