Bagaimana Bunga Teratai Beradaptasi dengan Lingkungannya? (Halaman 6)



Bunga Teratai
 
Tahukah kamu bunga teratai?
 
Tanaman ini tumbuh di air. Agar dapat menyesuaikan diri, tanaman ini memiliki akar di bawah air. Tangkai daunnya tumbuh menjalar sehingga daun teratai dapat mengapung di air.

Daun teratai bundar dan lebar, fungsinya adalah agar daun dapat menyerap cahaya matahari sebanyak-banyaknya. Hal ini akan berdampak saat penguapan air dan berfotosintesis. Daun teratai memiliki larutan yang bermanfaat sebagai pembersih daun.

Teratai memiliki batang dengan rongga di dalamnya. Rongga ini berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan akar. Meskipun akar berada di dalam air, akar masih tetap dapat bernapas.

---

Bagaimana bunga teratai beradaptasi dengan lingkungannya?
  1. Bentuk daun yang bulat, lebar dan tipis. Teratai memiliki bentuk daun yang berbeda dengan tumbuhan lainnya. Daun yang bulat menyebabkan teratai untuk mampu menyerap cahaya sebanyak – banyaknya, memudahkan teratai melakukan penguapan air sebanyak – banyaknya dan fotosintesis. Dan juga teratai memiliki lapisan pembersih pada daunnya.
  2. Batang dan akar yang berongga. Teratai memiliki bunga yang tumbuh di atas air, padahal akar dari bunga teratai berada di dasar air. Teratai beradaptasi dengan menciptakan rongga pada batang berongga untuk menyalurkan oksigen.
Powered by Blogger.