Fakta-Fakta tentang Menjelajah Angkasa Luar (Halaman 30)

Fakta-Fakta tentang Menjelajah Angkasa Luar


Penjelajah angkasa luar disebut astronaut. Astronaut harus pintar dan sehat, baik secara fisik maupun mental. Seleksinya pun sangat ketat.


Astronaut akan dilatih dengan penuh disiplin untuk “hidup” di angkasa luar yang kondisinya sangat berbeda dengan di Bumi. Di luar angkasa, mereka tidak berjalan kaki atau ber lari, tetapi melayang. Mengapa demikian? Karena di angkasa luar tidak ada gaya gravitasi.

Salah satu latihannya, yaitu calon astronaut akan diayun dan diputar di sebuah roda besar. Calon astronaut juga akan masuk ke dalam tabung yang lingkungannya hampir sama dengan di dalam pesawat angkasa luar. Menyelam juga merupakan salah satu latihannya.

Penjelajahan angkasa luar telah dimulai sejak lama. Sebelumnya, hal ini dianggap tidak mungkin. Namun demikian, rasa keingintahuan manusia semakin besar, dan akhirnya manusia dapat melakukan penjelajahan tersebut.

Untuk pertama kalinya ke angkasa luar dapat dicapai pada tahun 1957. Saat itu, Uni Soviet meluncurkan satelitnya yang pertama. Selanjutnya, negeri itu mengirimkan kosmonotnya yang bernama Yuri Gagarin pada tanggal 12 April 1961. Ia menjadi manusia pertama yang pergi ke angkasa luar dengan pesawat bernama Vostok 1. Selanjutnya, Bumi beberapa kali mengirimkan pesawatnya ke sana.

*Dari berbagai sumber.
 
Buatlah paling sedikit 3 pertanyaan tentang bacaan tersebut seperti pada contoh berikut.







Tuliskan kembali cerita yang kamu baca pada halaman 30 dengan katakatamu sendiri. Gunakan kalimat efektif dan menggunakan tanda baca dan huruf kapital yang benar. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut untuk membantumu menulis 


• Siapakah astronaut itu?
• Hal-hal apa saja yang diperlukan untuk menjadi seorang astronaut?
• Mengapa para astronaut perlu berlatih menyelam? Jelaskan.
• Apa saja yang kamu ketahui tentang penjelajahan angkasa luar yang pertama?
• Mengapa manusia ingin menjelajah angkasa luar?
 





 

Bayangkan jika kamu menjadi seorang astronaut yang menjelajah angkasa luar. Kamu dapat melihat berbagai benda dan planet-planet dari dekat. Siapkan pesawatmu dan perangkat lainnya untuk menjelajahi dunia yang belum pernah kamu temukan sebelumnya.

Siap? Ayo kita berangkat. Kamu berada pada koordinat O (0,0). Setelah beberapa menit, pesawatmu kini telah berada pada posisi A (0,3). Selanjutnya, kamu akan berbelok ke kanan sebanyak 2 satuan dan ke atas sebanyak 4 satuan, yakni pada titik B.

Dari titik B, pesawatmu akan bergerak 4 satuan ke kanan dan 1 satuan ke atas. Sekarang posisimu berada pada titik C.

Sekarang gambarkan posisi-posisimu sejak berangkat dari Bumi di titik O hingga titik C. Guna kan bidang koordinat Kartesius. Lengkapi bidangnya dengan 10 garis horisontal dan 10 garis vertikal dengan ukuran yang tepat (misalnya jarak antargaris adalah 1 cm), nama-nama sumbu, dan titik-titik angka.



Tuliskan posisi-posisi pesawatmu mulai dari Bumi hingga posisimu terakhir, termasuk pasangan titiknya.
 


Posisiku di Bumi adalah titik O (0,0)
Posisiku yang ke-2 adalah titik A (0, 3)
Posisiku yang ke-3 adalah titik B (2,7))
Posisiku yang ke-4 adalah titik C (6, 8)


 

 

Kali ini cobalah melakukan hal yang sama dengan kegiatan sebelumnya. Karanglah cerita tentang perjalananmu menjelajahi angkasa luar dengan koordinat tertentu. Selanjutnya, letakkan titik-titiknya pada koordinat Kartesius. Kamu harus menggunakan minimal 5 titik. Beri nama pesawatmu sendiri.





Kamu telah membaca informasi tentang penjelajahan angkasa luar dan astronautnya. Diskusikan dengan kelompokmu pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Apa yang dapat kamu teladani dari para astronaut tersebut?

Yang dapat kita teladani dari para astronot adalah sikap disiplin, mematuhi aturan, serta memiliki rasa ingin tahu yang besar.

2. Bagaimana pengaruh keteraturan dan ketertiban terhadap usaha penjelajahan ini?
Keteraturan dan ketertiban sangatlah berpengaruh terhadap usaha penjelajahan karena semua harus mengikuti aturan dan prosedur yang sudah ditetapkan.

3. Menurutmu, bagaimana sikapmu terhadap keteraturan dan ketertiban? Apakah kedua hal itu penting untuk kehidupan kita? Kapan saja kita membutuhkan keduanya?
Keteraturan dan ketertiban harus tetap dijaga. Keduanya sangat penting karena dengan keteraturan dan ketertiban masyarakat dapat berjalan harmonis. Dan keduanya sangat dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan, kapanpun dan dimanapun tertib dan teratur harus selalu dijaga.

4. Apakah kamu telah melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat di sekitarmu? Apa saja contohnya? Sebutkan masing-masing 3.

No.
Kewajiban
Kegiatan
Periksa
1
Di lingkungan rumah
Merapikan mainan ke dalam kotak
Membantu anggota keluarga yang lain
Menghormati anggota keluarga yang lebih tua
2
Di lingkungan Sekolah
Datang tepat waktu
Belajar dengan tekun
Patuh pada aturan sekolah.
3
Di lingkungan masyarakat
Tidak membunyikan radio terlalu keras
Menaati segala peraturan di lingkungan masyarakat
Menjaga kemanan dan ketertiban
Powered by Blogger.