Tumbuhan Sumber Kehidupan di Berbagai Wilayah Indonesia (Halaman 29)

Bacalah teks berikut ini di dalam hati!

Tumbuhan Sumber Kehidupan di Berbagai Wilayah Indonesia



Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di garis khatulistiwa, meliputi bentang alam dataran tinggi, dataran rendah, dan perairan. Dataran rendah adalah daratan yang memiliki ketinggian 0-200 diatas permukaan laut (dpl). Hampir semua ibu kota propinsi di Indonesia terletak di dataran rendah. Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu. Wilayah pantai termasuk dataran rendah. Indonesia memiliki banyak pantai karena negara kita terdiri atas ribuan pulau. Tumbuhan di wilayah pantai adalah kelapa, bakau, dan ganggang. Dataran tinggi adalah daratan luas dengan ketinggian lebih dari 200 diatas permukaan laut (dpl). Beberapa dataran tinggi di Indonesia, contohnya dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dataran tinggi Malang dan Tengger (Jawa Timur), dataran tinggi Alas (Aceh), dan dataran tinggi Bone (Sulawesi Selatan). Jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran. Dapatkah kamu menemukan jenis tumbuhan lain yang terdapat di dataran tinggi dan dataran rendah?
Oleh: Nuniek

Jawablah pertanyaan berikut setelah membaca teks di atas!

1. Apakah perbedaan dataran tinggi dan dataran rendah?

Jawab: 
Dataran Tinggi merupakan sebuah daratan luas yang berada di ketinggian antara 200 – 500 meter. Sedangkan dataran rendah terletak di bawah 200 mdpl. Karena perbedaan ketinggian ini menimbulkan beragam perbedaan antara keduanya. Perbedaan tersebut meliputi ketinggian, komoditi wilayah, jenis sumber daya lam, jenis pekerjaan, dan kontur wilayah.

2. Sebutkan jenis tumbuhan yang terdapat di kedua dataran tersebut!

Jawab: 
Tumbuhan di dataran rendah adalah padi, palawija, dan tebu. Sedangkan jenis tumbuhan di dataran tinggi adalah teh, kopi, cengkeh, buah-buahan, dan sayuran.

3. Apa perbedaan kehidupan masyarakat yang tinggal di kedua dataran tersebut? Jelaskan dengan singkat!

 Jawab : 
Kehidupan masyarakat di dataran rendah biasanya mempunyai pekerjaan seperti  jasa dan pegawai kantoran, sedangkan kehidupan masyarakat di dataran tinggi biasanya mempunyai pekerjaan seperti  berkebun, bertani, dan beternak.

4. Apakah jenis tumbuhan yang berbeda dari wilayah yang berbeda tersebut akan saling melengkapi?  Jelaskan dengan singkat!

Jawab: 
Jenis tumbuhan yang berbeda dari wilayah yang berbeda tersebut akan saling melengkapi. Contoh: Teh yang berasal dari dataran tinggi juga dibawa dan dijual ke wilayah dataran rendah dan pantai, sehingga nelayan juga dapat menikmati teh.

Powered by Blogger.