Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan (Halaman 133)


Ayo Berlatih

Cari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini!

  1. Mengapa bangsa Indonesia masih harus berjuang lagi mempertahankan kemerdekaannya? Banyak pihak asing yang tidak menyetujui kemerdekaan Indonesia. Pihak-pihak asing tersebut antara lain pihak Sekutu, terutama Belanda dan Inggris. Demikian pula dengan Jepang. Banyak tentara Jepang yang masih tersisa di Indonesia belum mengetahui jika mereka telah kalah dan menyerah kepada Sekutu. Mereka juga belum tahu jika bangsa Indonesia telah merdeka.
  2. Apa yang dimaksud perjuangan fisik dan diplomasi? Perlawanan fisik dilakukan dengan kontak senjata. Perjuangan diplomasi dilakukan melalui meja-meja perundingan.
  3. Apa yang melatarbelakangi peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya? Berawal dari tewasnya Jendral Mallaby.
  4. Apa isi perjanjian Roem Royen? - Pemerintah Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta. - Menghentikan gerakan militer dan mengembalikan tawanan. - Republik Indonesia sebagai bagian dari Negara Indonesia Serikat. - Akan segera dilaksanakan Konferensi Meja Bundar (KMB).
  5. Apa yang dimaksud Agresi Militer Belanda? Kapan terjadinya? Serangan yang dilakukan oleh Belanda untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Agresi Militer Belanda I pada tanggal 21 Juli 1947. Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948.


Powered by Blogger.