Manfaat Gotong Royong (Halaman 180)


Dengan menggunakan gambar di atas sebagai bantuan dan informasi lain berbagai sumber, diskusikanlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

  1.  Apa saja manfaat gotong royong? Manfaat gotong royong antara lain : meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung, menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesame anggota masyarakat, menjalin dan membina hubungan baik antarwarga masyarakat, serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional
  2. Bagaimana ciri masyarakat Indonesia ditunjukkan melalui kebiasaan gotong royong tersebut? Gotong royong dilakukan dengan rasa yang ikhlas dan sukarela untuk saling membantu satu sama lain dan lebih mengutamakan kepentingan bersama.
  3. Nilai-nilai Pancasila apa sajakah yang nyata dalam gotong royong tersebut? Persatuan dan kesatuan Indonesia
  4. Berikanlah paling sedikit tiga contoh yang menunjukkan peran Pancasila dalam membina keutuhan bangsa Indonesia yang memiliki keragaman budaya. Pertama : Pancasila adalah alat pemersatu bangsa. Pancasila memperkuat persatuan bangsa Indonesi karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk. Kedua : Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia : Artinya, Pancasila diamalkan dalam hidup sehari-hari. Ketiga : Pancasila sebagai Keperibadian Bangsa Indonesia: Segala tingkah laku dan amal perbuatan bangsa Indonesia harus sesuai Pancasila.

No comments

Powered by Blogger.