Kosakata "Pelajaran Pelangi" (Halaman 205)

Pelajaran Pelangi



Intisari-Online. Dahulu, warna-warna yang ada di bumi bertengkar. Semua mengklaim dirinya paling bagus dan paling berguna. Si Hijau mengatakan, “Akulah yang terpenting. Aku simbol penghidupan dan penghargaan. Aku dipilih oleh padi, rerumputan dan pepohonan. Tanpa diriku, semua makhluk akan mati.“ Si Biru menimpali, “Jangan hanya berpikir tentang bumi. Lihatlah birunya langit dan lautan luas! Air adalah sumber kehidupan, langit memberi ruang dan kedamaian.” Si Kuning menyela, “Ah, kamu terlalu serius. Aku membawa kegembiraan dan kehangatan di dunia. Matahari berwarna kuning, juga bulan. Tanpa kehadiranku, tidak ada kegembiraan.” Si Jingga tidak mau kalah, “Aku simbol kesehatan dan kekuatan. Buktinya, aku dipercaya melayani kebutuhan manusia, membawa vitamin-vitamin penting bagi kehidupan. Coba lihat aku pada wortel, labu, jeruk, dan pepaya!

“Aku darah kehidupan! Lambang keberanian dan cinta. Tanpaku, bumi akan kosong melompong,“ sela si Merah. Sementara itu, si Ungu teriak,

“Aku adalah warna aristokrat dan kekuatan. Para raja dan pemimpin selalu memilih warnaku untuk pakaian dan aksesoris mereka.”

Pertengkaran makin seru. Masing-masing tidak mau mengalah. Tiba-tiba, muncul kilat dan gelegar suara petir, disertai hujan deras. Tanpa di komando, warna-warna itu merunduk ketakutan, lalu saling mendesak mencari perlindungan.

Sang Hujan berkata, “Hei, warna-warna! Jangan bertengkar! Ketahuilah, setiap kamu diciptakan untuk tujuan khusus, unik, dan berbeda satu sama lain. Kemarilah saling bergandengan tangan!” Warna-warna itu melakukan apa yang disuruh sang Hujan. “Mulai sekarang, setiap kali turun hujan, setiap kamu akan terentang di udara dalam satu pelangi yang indah, sebagai peringatan bahwa kita harus hidup bersama dalam damai.”
---

Kosakata pada Bacaan
Kosakata Baru
Arti
mengklaim
Menyatakan suatu fakta atau kebenaran sesuatu, mengaku
simbol
Lambang
vitamin
Zat yang sangat penting bagi tubuh manusia dan hewan untuk pertumbuhan dan perkembangan
aristokrat
Orang dari golongan bangsawan; ningrat
unik
Tersendiri dalam bentuk atau jenisnya; lain daripada yang lain; tidak ada persamaan dengan yang lain; khusus:
aksesoris
Barang tambahan; alat ekstra:
Powered by Blogger.