Percobaan Es Batu (Halaman 7 dan 8)

Ayo Mencoba
 

Matahari merupakan salah satu sumber energi panas yang paling besar di muka bumi. Energi panas matahari dapat menyebabkan peristiwa perubahan di alam yang mudah kita lihat dan amati.
Lakukan kegiatan berikut ini dalam kelompok yang terdiri atas tiga orang. Siapkanlah alat dan bahan berikut: 3 wadah untuk es batu, 6 buah es batu dengan ukuran yang sama, dan pencatat waktu.

Langkah-langkah:
  1. Letakkan dua buah es batu pada masing-masing wadah yang telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk yang sama.
  2. Satu wadah diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.
  3. Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau tempat yang terlindung dari sinar matahari.
  4. Setiap anggota kelompok akan mengamati, mengukur, dan mencatat waktu yang diperlukan es batu pada masing-masing wadah sampai benar-benar mencair.
Perhatikan gambar dan jawab pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut? Ketiga es batu memiliki ukuran yang sama.
  2. Manakah es batu yang akan mencair terlebih dulu? Es batu yang mencair terlebih dahulu adalah es batu yang diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari.
  3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di tempat yang tersedia di bawah ini! Matahari sebagai sumber panas dapat menyebabkan perubahan es berubah menjadi air. Ketika es berubah menjadi air (mencair) membutuhkan panas.
  4. Dapatkah kamu menarik kesimpulan dari kegiatan di atas? Diskusikan kesimpulanmu dengan teman sebangkumu! Sumber energi panas dapat menyebakan perubahan pada benda. Pada kegiatan di atas terjadi perubahan dari benda padat (es) menjadi benda cair (air).

No comments

Powered by Blogger.